Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

DKV Unika Soegijapranata Adakan Pameran Karya Mahasiswa

Setelah meredanya pandemi Covid-19, kini Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) mulai mengadakan pameran karya kembali yang bertajuk “Pameran Aksarasa”. Pameran tersebut diadakan pada hari (Kamis, 15/7) dari jam 09.00 – 16.00 di selasar gedung Thomas Aquinas, Unika Semarang. Karya-karya yang disuguhkan merupakan hasil dari mahasiswa DKV Unika dengan menampilkan tema buku film, games, gaya desain, sejarah estetika, dan sejarah seni rupa.

Louis Cahyo Kumolo Buntaran S.Ds., M.M. selaku penanggung jawab pameran, membeberkan bahwa pameran ini merupakan realisasi ujian akhir semester (UAS). Banyaknya karya yang ditampilkan merupakan hasil dari berbagai jenis mata kuliah yakni Desain Komunikasi Visual Interaktif, Tipografi Struktur, Sejarah Desain Grafis, Sejarah Seni Rupa, dan Estetika.

Selain menjadi penanggung jawab pameran, Louis Cahyo juga merupakan dosen pengampu mata kuliah Tipografi Struktur. Ia menyatakan bahwa kegiatan pameran ini merupakan hal yang cukup penting karena dapat melatih mahasiswa untuk belajar berkoordinasi bersama teman sebaya, merancang suatu acara/pameran, dan tentu melatih mental mahasiswa itu sendiri.

“Ragam karya yang disajikan berbentuk buku, poster, mading kreatif, dan ada juga media pembelajaran yang kreatif. Nah, total karyanya untuk buku 7, kemudian untuk mading kurang-lebih ada 5, untuk posternya kurang-lebih ada 7 juga, dan media pembelajaran kreatif ada 4. Jadi jenis karyanya memang beragam,” tutur Louis Cahyo.

Disisi lain, mahasiswa tidak hanya menampilkan karya gambar fisik saja, mahasiswa DKV Unika Soegijapranata juga memamerkan karya mereka berupa permainan interaktif yang dapat dimainkan oleh berbagai kalangan usia.

“Pada pameran mata kuliah DKV interaktif itu ada sekitar 12 karya yang dipamerkan, dan memang masing-masing kelompok medianya berbeda-beda. Ada yang buku interaktif, ada yang aplikasi, ada yang bikin papan permainan, dan ada juga yang bikin ruang permainan (jadi memang permainannya itu masif atau besar dan yang ditekankan lebih ke motoriknya),” pungkas dosen DKV tersebut.

Sehingga dengan adanya acara pameran ini, Louis Cahyo berharap mahasiswa DKV Unika Soegijapranata kelak dapat mandiri dalam berkarya serta terus mendorong tingkat kreatifitasnya. “Ya harapannya supaya mereka bisa mandiri, mereka bisa bikin acara sendiri tanpa harus ada acara perkuliahan supaya mereka bisa berkreasi sendiri. Jadi intinya belajar lebih mandiri lagi,” tutupnya.

“Takjub sih, temen-temen DKV bisa mengulas film kemudian dikemas dalam bentuk buku. Poster-poster karya mereka juga keren, mengangkat isu yang pernah terjadi. Salah satunya adalah karya Akira Valentino yang mengangkat kasus tentang seorang anak SD 8 tahun yang dibakar oleh temannya sendiri ketika bermain. Karya poster itu dikemas dalam desain post modern (menggunakan elemen geometris dan susunan huruf yang tidak beraturan). Sebagai seorang awam saya baru tahu setelah melihat deskripsi dari poster tersebut, ternyata maknanya dalam sekali. Keren!” tutur Kristina, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018. (Dim)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Kamis Putih 

#KamisPutih
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Seru banget nih, lomba Mathematic Logic Competition 2024 yang diikuti dari berbagai pelajar SMA/SMK/Sederajat tingkat Pulau Jawa, sampai membekas di hati salah satu peserta gara-gara mbak MC. hihihi 🤭 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#TeknikInformatika
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Ayoooookk!!!! Gak usah ragu! Karena kamu bisa dapetin berbagai macam beasiswa masuk tanpa tes dengan benefit biaya kuliah semester yang udah include semuanya lho. Share ke temen-temen kamu informasi ini yaa. Kalau mau konsultasi lebih lanjut  DM mimin ya 😍

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message