ALUMNI

Sebuah motto hidup dari salah satu putra terbaik bangsa dan merupakan orang nomor satu di Kota Semarang yang merupakan salah satu alumni kebanggan dari Unika Soegijapranata. Tak lain ialah Hendar Prihadi SE MM, Walikota Semarang. Sosok yang berhasil membawa perubahan besar di Semarang dan menjadikan Semarang sebagai kota dengan perencanaan dan pelaksanaan infrastruktur terbaik di Indonesia. Pria kelahiran Semarang, 30 Maret 1971 ini juga baru saja mendapatkan penghargaan sebagai “People Of The Year 2019” yang digelar di Metro TV di Jakarta November lalu.

Hendi, sapaan dari sang Walikota ini, memulai kisah suksesnya dengan menempuh bangku perkuliahan di Unika Soegijapranata pada tahun 1992. Alasan Hendi memilih Unika adalah karena Unika merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berkualitas di Semarang dan juga secara status akreditasi Unika sudah sangat bagus. Banyak pengalaman yang didapat Hendi ketika menempuh awal perjalanan suksesnya di Unika

Hendi juga memiliki hobi yang cukup unik yaitu berorganisasi. Dan tentu masa perkuliahannya ia lalui dengan berorganisasi. Namun uniknya, Hendi justru aktif dalam organisasi di luar kampus. Dan sangat banyak pembelajaran berharga yang Hendi dapat dari berorganisasi. Hendi belajar banyak tentang bagaimana menyelesaikan masalah berbagai dinamika kehidupan.

Kisah Hendi sebagai Walikota tak ia lalui dengan mudah. Hendi yang lulus 1997 memulai karirnya sebagai seorang wiraswasta di tahun 1999-2009. Tak hanya berwiraswasta, Hendi juga aktif sebagai anggota di sebuah partai politik di Indonesia pada tahun 2004. Kinerja dan dedikasi luar biasa menghasilkan buah yang manis. Hendi dipromosikan menjadi calon legislatif di daerah pemilihan dua (Demak, Kudus, Jepara) dan tentu harus ada harga yang dibayar. Hendi memutuskan untuk berhenti berwiraswasta dan fokus untuk menuntaskan tugasnya sebagai Legislatif.

Ketekunan dan kedisiplinan Hendi berhasil membawa Hendi semakin naik dalam karir politiknya. Hendi diangkat sebagai Wakil dari Walikota Semarang, Soemarmo pada tahun 2010. Pria 48 tahun ini di angkat sebagai Walikota Semarang untuk menggantikan Walikota sebelumnya pada tahun 2013. Loyalitas dan kualitas Hendi membawa dirinya untuk maju ke periode selanjutnya sebagai seorang pemimpin Semarang.

Tahun 2016 Hendi resmi dilantik Walikota bersama dengan pasangannya Ir Hevearita Gunaryanti Rahayu. Tentu sangat banyak tantangan yang harus Hendi hadapi sebagai seorang Walikota. Namun dengan konsep pembangunan “ Bergerak Bersama”, Hendi mampu membawa Semarang sebagai kota dengan indeks pembangunan infrastruktur terbaik di Indonesia. Berbagai pengahargaan pun mengiringi kisah suksesnya sebagai seorang Walikota. Hendi mampu membawa Semarang mendapatkan penghargaan sebagai kota pariwisata terbesih se-ASEAN dan di tahun 2019, Semarang berhasil menyabet total 40 pengahargaan.

Hendi pun membeberkan kunci kesuksesannya dalam menjadi seorang pemimpin. Ia menuturkan bahwa dalam sebuah kerjasama yang paling penting adalah kerendahan hati, komunikasi dan harus mampu membangun relasi yang baik di setiap lapisan pemerintahan. Dan sebagai seorang pemimpin Hendi juga harus dapat memikirkan kesejahteraaan dan kepentingan rekan timnya. Hal itu ia lakukan demi membangun sebuah kerjasama tim yang kuat dan solid. Pemimpin adil dalam melakukan segala keputusan sehingga tidak memicu kecurangan di dalam tim.

Sukses bagi diri Hendi adalah ketika kita dapat menggabungkan apa itu kerjasama, perjuangan, networking, doa dan dapat melakukan tugas sesuai terget dan memberikan kebahagiaan tersendiri dalam bekerja. Bagi Hendi membuat sebuah terobosan yang besar adalah sebua komitmen. Hendi juga memberikan pesan kepada mahasiswa dan kampus Unika Soegijapranata agar terus berkembang lebih baik dan terus naik. Dan Unika Soegijapranata harus bisa dan mampu melahirkan sarjana-sarjana yang mempunyai karakter yang kuat, ideologi yang kokoh dan harus melahirkan sarjana yang siap pakai dalam dunia kerja.