English Bahasa Indonesia

Tentang Unika Soegijapranata

Nama dan Tempat Kedudukan

Lembaga Pendidikan Tinggi ini bernama Universitas Katolik Soegijapranata berkedudukan di Jalan Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Duwur, Semarang.
Badan penyelenggara yang mengelola Universitas Katolik Soegijapranata adalah Yayasan Sandjojo, berkedudukan di Jalan Imam Bonjol 186 A, Semarang.

Asas dan Fungsi

Universitas Katolik Soegijapranata sebagai Perguruan Tinggi Swasta Katolik, diinspirasi dan dijiwai oleh cita-cita, nilai-nilai dan prinsip-prinsip Katolik, dan berpedoman pada Konstitusi Apostolik Ex Corde Ecclesiae tentang Universitas Katolik yang menekankan nilai-nilai: cinta akan kebenaran, keadilan sosial, kebebasan, keterbukaan, persaudaraan dan semangat pelayanan.

Universitas Katolik Soegijapranata meneruskan semangat Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ yaitu semangat perjuangan dan pengabdian bagi nusa dan bangsa serta memberikan perhatian khusus kepada golongan masyarakat lemah sesuai dengan ruang lingkup Universitas sebagai Perguruan Tinggi.

Universitas Katolik Soegijapranata memberikan perhatian pada permasalahan aktual masyarakat Indonesia khususnya masalah pemukiman yang berwawasan lingkungan (eko-pemukiman) yang ditetapkan menjadi Pola llmiah Pokok Universitas, yang harus diwujudkan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Universitas Katolik Soegijapranata diselenggarakan dengan fungsi sebagai pembawa inspirasi dan sinar pewartaan Kristiani dalam dunia pendidikan.
Universitas Katolik Soegijapranata mengembangkan pendidikan tinggi dengan tujuan:

1. Membantu peserta didik mengembangkan diri, sehingga mampu untuk:

a. menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian, sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan yang diikuti;
b. memiliki keunggulan komparatif yang dibutuhkan oleh masyarakat;
c. mencapai tingkat kedewasaan pribadi dan moral; bersikap humanistis, berpikir kritis dan berwawasan luas.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi, dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Pola llmiah Pokok (PIP)

Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Katolik Soegijapranata adalah Eco Settlement atau Eko Pemukiman yang bermakna membangun perikehidupan yang berwawasan ekologis. Dasar penetapan PIP ini adalah pengkajian terhadap semangat modernitas yang cenderung bersifat antroposentris sehingga mendorong manusia melakukan eksploitasi terhadap alam secara berlebihan sehingga terjadi krisis ekologis. Perilaku manusia yang cenderung eksploitatif ini ditengarai juga terjadi dalam kehidupan bersama sebagai komunitas sehingga mengancam nilai-nilai kemanusiaan, utamanya bagi mereka yang miskin, lemah, dan tersingkir. Diramu dengan ajaran Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ. sebagai Patron Universitas, utamanya tentang nilai kasih, cinta tanah air, demokrasi, keadilan, serta keberpihakan pada mereka yang miskin, lemah dan tersingkir, PIP Universitas Katolik Soegijapranata dapat dirumuskan sbb.: menjadikan kasih sebagai nilai utama dalam setiap kegiatan seluruh sivitas akademika Universitas Katolik Soegijapranata membangun perikehidupan bersama berdasarkan kasih dalam masyarakat Indonesia yang multikultural mengembangkan konsep keilmuan yang implementatif demi pembangunan masyarakat yang didasarkan pada prinsip community based participation. membangun kesadaran masyarakat akan hak partisipatif mereka dalam merumuskan kebijakan publik demi menciptakan perikehidupan yang harmonis, baik antar manusia maupun antara manusia dengan alam.

Membangun kesadaran masyarakat untuk menghormati dan mencintai alam yang diyakini memiliki hak hidup dan berkembang sesuai kodratnya.  membela kepentingan kaum miskin dan lemah, utamanya yang menjadi korban dari model dan praktek pembangunan yang eks ploitatif.

Pola Ilmiah Pokok Eco Settlement ini akan melandasi arah pendidikan dan pengembangan intelektual seluruh sivitas akademika Universitas Katolik Soegijapranata. PIP ini juga menjadi pedoman Tri Dharma Universitas Katolik Soegijapranata yang menjiwai setiap kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dalam pelaksanaan operasionalnya, PIP Eco Settlement merupakan PIP berjenjang Universitas yang perlu dijabarkan dalam pola ilmiah masing-masing program studi dan lembaga yang ada di lingkungan Universitas Katolik Soegijapranata.

Facebook Comments