English Bahasa Indonesia

Student of The Year

PEDOMAN UMUM STUDENT OF THE YEAR

Latar Belakang

Pada hakekatnya tujuan pendidikan tinggi katolik adalah membentuk  mahasiswa agar tumbuh & berkembang menjadi pribadi yang utuh, baik dari aspek profesional kelimuan maupun kepribadiannya (konstitusi apostolik tentang universitas katolik, diktum 23). Keseimbangan dalam kedua aspek tersebut menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah pendidikan di Universitas Katolik. Untuk itulah perlu dilakukan usaha-usaha maksimal dari komunitas akademik agar hakekat pendidikan tersebut berhasil. Maka Universitas harus memiliki media untuk melihat keberhasilan pendidikan yang telah dilakukannya sekaligus menghargai para mahasiswanya yang telah melakukan pergumulan mencapai keunggulan.

Tujuan Program

  1. Media untuk mengevaluasi proses pendidikan yang telah dilakukan kepada para mahasiswa, secara utuh baik dari aspek akademis maupun non akademik.
  2. Memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang dinilai telah mencapai  keunggulannya yang utuh.
  3. Menjadi media seleksi internal untuk ajang sejenis di luar kampus.

Syarat Peserta :

  • Mahasiswa aktif pada periode akademik satu tahun sebelum penyelenggaraan SOTY
  • Indeks Prestasi Komulatif minimal 3,00
  • Bukan Finalis Student Of The Year tahun sebelumnya

Metode seleksi

  1. Tingkat Fakultas
    • Mekanisme seleksi di tingkat fakultas diserahkan pada masing-masing fakultas, dengan mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan oleh Universitas.
  2. Tingkat Universitas :
    • Seleksi di tingkat Universitas dilakukan oleh tim juri yang telah ditunjuk pelaksana program, dengan mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan.

Kriteria Seleksi :

Terdapat  5 aspek yang akan dinilai dalam proses seleksi, yaitu :

No.

Aspek yang dinilai

Bobot

1.

Kegiatan Ekstra & intra kampus (Sertifikat atau SK)

20 %

2.

Karya Tulis (dalam Bahasa Indonesia & Presentasi (dalam Bahasa Inggris)

20 %

3.

Bahasa Inggris

20 %

4.

Kepribadian (Kritis-Kreatif-Visioner, Peduli, Tangguh, self confidence, communication skill)

20 %

5.

Wawasan Budaya (sesuai asal daerah),meliputi pemahaman & kemampuan

20 %

Untuk aspek karya tulis, peserta harus membuat karya tulis dengan tema yang telah di tentukan setiap periode penyelenggaraan

Naskah karya tulis ditulis dalam bahasa Indonesia, sedangkan presentasi disampaikan dalam bahasa Inggris. Dengan ketentuan sebagai berikut:

Sifat Tulisan:

  • Karya tulis yang disusun adalah ide kreatif yang disusun secara komprehensif berdasarkan data dan atau informasi akurat/terpercaya, dianalisis secara runtut, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan dan alternatif solusi yang konkrit. Karya tulis yang dimaksud bukan merupakan laporan penelitian eksperimental.

Format Penulisan:

  • Naskah ditulis maksimal 15 halaman tidak termasuk bagian awal & daftar pustaka.
  • Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baku, sederhana, jelas dan tidak menggunakan singkatan.
  • Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas A4, huruf times new roman, font 12.
  • Batas Pengetikan :Samping kiri 4 cm, Samping kanan 3 cm; batas atas & bawah 3 cm.
  • Jarak pengetikan Bab & sub-bab 3 spasi, sub –bab dengan kalimat di bawahnya 2 spasi.
  • Judul Bab diketik ditengah dengan huruf besar dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris bawahi.
  • Judul sub – bab ditulis dari sebelah kiri dengan diawali huruf kapital kecuali kata-kata tugas seperti yang, dan, dari.
  • Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi.
  • Penomoran halaman :
  • Pada bagian pendahuluan (halaman judul, pengesahan, kata pengantar, daftar isi) dengan huruf romawi kecil (i,ii,iii) diketika di kanan bawah.
  • Pada bagian tubuh diketik di kanan atas dengan angka arab (1,2,3)

Sistematika Penulisan :

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut .

1. Bagian Awal

a. Halaman Judul

  • Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
  • Logo Universitas
  • Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas.
  • Tahun penulisan
  • Kulit Muka luar menggunakan plastik transparan berwarna biru muda

b. Lembar Pengesahan

  • Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk.
  • Lembar pengesahan ditandatangani Dosen Pembimbing, dan Wakil Dekan III.
  • Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

c. Kata Pengantar dari penulis

d. Daftar Isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

e. Ringkasan (bukan abstrak) karya tulis disusun maksimum 1 (satu) halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung,metoda penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.

2. Bagian Inti

a. Pendahuluan

Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:

  • latar belakang yang berisi uraian tentang alasan mengangkat gagasan menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung),
  • tujuan dan manfaat yang ingin dicapai.

b. Gagasan

Uraikan tentang:

  • Kondisi kekinian pencetus gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, observasi, imajinasi yang relevan),
  • Solusi yang pernah ditawarkan atau diterapkan sebelumnya untuk memperbaiki

keadaan pencetus gagasan,

  • Seberapa jauh kondisi kekinian pencetus gagasan dapat diperbaiki melalui gagasan yang diajukan,
  • Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan gagasan dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya,
  • Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai,

c. Kesimpulan

  • Gagasan yang diajukan,
  • Teknik implementasi yang akan dilakukan,
  • Prediksi hasil yang akan diperoleh (manfaat dan dampak gagasan)

3. Bagian Akhir

a.       Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.

b.       Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta mencakup:

  • nama lengkap,
  • tempat dan tanggal lahir,
  • karya-karya ilmiah yang pernah dibuat,
  • penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.

c. Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data dan informasi lainnya yang

Juri

Untuk menjaga obyektivitas proses seleksi, dewan juri terdiri atas dosen-dosen yang tidak terlibat dalam bidang kemahasiswaan.

Pelaksana Program

  1. Tingkat Fakultas :
    • Wakil Dekan III bersama SMF & BEMF.
  2. Tingkat Universitas :
    • Panitia pelaksana yang ditunjuk oleh WR III

Hadiah:

  1. Para pemenang Student Of The Year  akan mendapat piagam penghargaan, tropi dan laptop.
  2. Untuk pemenang I akan menjadi wakil Unika Soegijapranata dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat kopertis wilayah VI. Jika pemenang I telah menyelesaikan studinya maka yang akan dikirim adalah pemenang II dan/ seterusnya.
  3. Pemenang I & II akan menjadi wakil Unika Soegijapranata dalam ASEACU/ACUCA Student Camp.
Facebook Comments