English Bahasa Indonesia

SOSOK DIBALIK LAYAR PELAKSANAAN ATGW

ATGW merupakan pelatihan pengembangan kepribadian yang rutin diadakan setiap tahunnya untuk mahasiswa baru. Sejak tahun 2005 hingga sekarang, jumlah peserta ATGW pun meningkat, menyesuaikan dengan jumlah mahasiswa baru yang ada. Hingga pada ATGW 2018 kemarin, total jumlah mahasiswa yang mengikuti ATGW 2018 berkisar antara 1500 sampai 1600 mahasiswa. WOW! Jumlah yang cukup fantastis ya. Nah, penasaran gak sih, siapa saja sosok dibalik terselenggaranya ATGW? Apa dan bagaimana sih tugas sosok-sosok dibalik layar pelaksanaan ATGW dalam mengatur mahasiswa sebanyak itu? Mari kita simak!

Pelaksanaan ATGW ini berada dibawah tanggungjawab dan pengawasan secara langsung oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan. Pada ATGW 2018, pelaksanaannya berada dibawah tanggungjawab Ibu Dr. Victoria Kristina Ananingsih S.Tp., M.Sc. Beliau tidak bekerja sendirian, melainkan dibantu oleh Tim Materi yang terdiri dari dosen-dosen Unika Soegijapranata yang berpengalaman. Tim Materi akan membantu dalam hal pengakajian materi dan sistematika pelatihan yang nantinya akan diberikan kepada peserta. Selanjutnya, untuk pelaksana dilapangan akan dibantu oleh Trainer, Supervisor dan Co-Trainer.

Trainer memiliki tugas yaitu menyampaikan materi pelatihan pada saat pelaksanaan ATGW. Biasanya, sosok Trainer ini adalah Bapak Ibu dosen Unika Soegijapranata Semarang yang berasal dari berbagai bidang ilmu. Sebelum pelaksanaan ATGW, Trainer akan dikumpulkan dalam satu forum yaitu Training of Trainers (TOT). Tujuan diadakan TOT ini untuk mempersiapkan para Trainer dalam pelaksanaan ATGW, agar Trainer memiliki bekal yang cukup untuk menyampaikan materi pelatihan ATGW kepada para peserta. Dalam TOT, Trainer dibekali berbagai hal yang diperlukan dalam pelaksanaan ATGW nanti. Pertama, Trainer akan dijelaskan mengenai materi pelatihan ATGW yang nantinya akan disampaikan kepada peserta. Lalu, Trainer juga dibekali mengenai berbagai metode atau cara penyampaian materi yang baik sehingga menarik minat peserta untuk mendengarkan materi tersebut. Pengetahuan umum seputar dunia training pun juga diberikan, supaya Trainer semakin paham teknik dan cara-cara dalam penyampaian materi training.

Tim pelaksana selanjutnya ada Supervisor. Nah, tugas utama Supervisor adalah menjadi tangan kanan sekaligus membantu Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dalam pelaksanaan ATGW dilapangan nanti. Supervisor mempersiapkan segala kebutuhan dan sistematika dalam pelaksanaan ATGW mulai dari pengelolaan dana, materi pelatihan, kesekretariatan, serta sarana prasarana pelatihan. Selain itu, Supervisor menjadi jembatan antara Rektorat, Tim Materi, Trainer, Co-Trainer serta Trainee (Peserta). Segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan ATGW selama 1 tahun penuh, harus bisa dipertanggungjawabkan Supervisor dihadapan Rektorat. Supervisor dipilih dan diberi tanggung jawab secara langsung oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan setelah melalui diskusi. Supervisor merupakan mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang yang pernah menjadi Co-Trainer ATGW.

Tim pelaksana berikutnya adalah Co-Trainer. Nah, Co-Trainer adalah satu-satunya tim pelaksana yang berdinamika langsung dengan peserta selama 1 tahun. Tugas utama seorang Co-Trainer adalah membantu Trainer dalam penyampaian serta realisasi materi pelatihan, saat pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Co-Trainer akan mendampingi Trainee dalam kelompok-kelompok kecil selama 1 tahun pelaksanaan, dengan tanggungjawab utamanya yaitu membimbing dan mengarahkan para peserta agar dapat mencapai tujuan pelatihan ATGW. Sebelum pelaksanaan ATGW, Co-Trainer akan dibekali terlebih dahulu mengenai hal-hal yang diperlukan selama pelaksanaan ATGW. Co-Trainer merupakan mahasiswa semester 3 hingga semester 6 Unika Soegijapranata Semarang, yang lolos dari seleksi recruitment Co-Trainer ATGW.

Ingin mengetahui tentang ATGW lebih lanjut? Temukan kami di Instagram (@atgwunika), Facebook (ATGW Unika Soegijapranata) dan UPT Kemahasiswaan Lt.2 Gedung Mikael Unika Soegijapranata!

Selanjutnya baca: JEJAK PERKEMBANGAN ATGW UNIKA

Facebook Comments