English Bahasa Indonesia

Seputar SEMARANG

Tentang SEMARANG

 

Semarang sebagai Ibukota Propinsi Jawa Tengah memiliki posisi yang sangat strategis karena berada hampir tepat ditengah-tengah pantai utara Jawa. Kota seluas hampir 400 km2 ini dihuni oleh sekitar 1.5 juta jiwa penduduk. Suhu udara kota Semarang berkisar antara 26.6°C – 29.2°C. Kota ini terletak sekitar 480 km sebelah timur Jakarta, atau 310 km sebelah barat Surabaya. Semarang adalah kota yang sangat menarik karena memiliki dua kawasan yakni kawasan Kota Bawah yang terletak di dataran rendah dan kawasan Kota Atas yang terletak di dataran yang lebih tinggi. Kampus ‘Ungu’ Unika SOEGIJAPRANATA terletak di bagian Kota Atas yang suhunya lebih sejuk dengan pemandangan bukit-bukit yang hijau dan asri.

Dalam catatan sejarah, Semarang telah dikenal sebagai salah satu tempat berpengaruh di pulau Jawa. Ada beberapa tempat wisata bersejarah yang wajib dikunjungi ketika berada di Semarang. Klenteng Sam Po Kong adalah salah satunya. Selain itu ada ‘Lawang Sewu’ yang artinya ‘seribu pintu’ yakni sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda yang sangat legendaris. Pada hari minggu pagi, warga Semarang memadati pusat kota yakni Simpang Lima – ruang terbuka publik yang sangat hidup dengan beragam kegiatan olahraga, seni, kuliner dan wisata. Selain itu, Semarang juga memiliki kawasan Kota Lama, dengan ikon Gereja Blenduk yang merupakan pusat pemerintahan dan bisnis pada masa penjajahan Belanda dulu. Bagi yang memiliki hobi fotografi, banyak sekali gambar menarik yang bisa diambil di kawasan Kota Lama.

Pada jaman kolonial, kota Semarang memang merupakan salah satu Bandar dan kota perdagangan yang terkenal di Nusantara. Tidak hanya itu, untuk wisata kuliner dan oleh-oleh, ada lumpia Semarang, Wingko Babat dan Bandeng Presto yang kelezatannya sudah dikenal oleh banyak wisatawan yang berkunjung. Karena lokasinya yang strategis, nyaris tepat di tengah pantai utara Pulau Jawa, kota Semarang sangat mudah dicapai. Perjalanan dapat ditempuh melalui darat dengan bus maupun kereta api. Semarang memiliki dua stasiun kereta api yakni Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol. Kereta api yang tersedia diantaranya adalah dari dan menuju Jakarta, Surabaya, Bandung, Jombang dan Malang. Semarang memang terkenal memiliki peranan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Di kota inilah untuk pertama kalinya Hindia Belanda membangun stasiun dan jalur kereta api. Jalan kereta api ini bahkan pertama kali mulai dioperasikan untuk umum pada tanggal 10 Agustus 1867 (http://visitsemarang.com).

Untuk perjalanan melalui udara, Semarang memiliki Bandara Ahmad Yani yang setiap harinya menghubungkan Semarang dengan sejumlah Bandara di kota-kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Denpasar-Bali. Melalui udara, Semarang juga terhubung dengan Kuala Lumpur dan Singapura. Untuk perjalanan melalui laut, ada Pelabuhan Tanjung Mas yang juga menghubungkan Semarang dengan sejumlah kotakota pelabuhan besar di Indonesia. Angkutan dalam kota dilayani oleh bus kota,

angkutan kota (angkot) dan becak. Sekitar tahun 2009 di Semarang mulai beroperasi Bus Rapid Transit (BRT) yang merupakan sebuah moda angkutan massal namun tidak menggunakan jalur khusus seperti busway di Jakarta. Tidak seperti di kota-kota besar di Indonesia, kemacetan lalu lintas jarang terjadi di Kota Semarang, sehingga perjalanan dari dan ke suatu tempat dapat ditempuh dengan nyaman.

Semarang adalah kota yang aman dan nyaman untuk menempuh dan melanjutkan studi. Sebagai pusat pemerintahan, Semarang adalah lahan subur tumbuhnya berbagai lembaga pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Selain untuk melanjutkan studi, Semarang juga dikenal sebagai kota industri dan pariwisata. Untuk mengenal dinamika dan keindahannya, kita memang harus menjelajah ‘nafas’ dan ‘kehidupan’ kota ini serta membuktikannya sendiri. Dinamika kota Semarang juga terasa di kampus Unika SOEGIJAPRANATA. Melalui penjelajahan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni-budaya, mahasiswa kampus Ungu ini akan mengalami ‘metamorphosis’—transformasi cara berpikir dan bertindak. Jangan lewatkan kesempatanmu untuk berpetualang di Semarang

dan kampus Unika SOEGIJAPRANATA, up-date terus di www.unika.ac.id.

 

Facebook Comments