English Bahasa Indonesia

UKM SEPAK BOLA


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas merupakan organisasi yang mewadahi mahsiswa untuk mengembangkan potensinya di bidang olahraga sepakbola. Dengan adanya UKM Sepakbola Universitas ini dapat membantu untuk menyediakan mengenai barang-barang yang dibutuhkan dengan diadakannya sebuat program kerja yang salah satunya adalah inventarisasi untuk pengadaan barang yang dibutuhkan untuk mengembangkan UKM Sepakbola menjadi lebih baik lagi. Selain itu UKM sepakbola juga membantu untuk menata menganai jadwal Latihan rutin yang ada. UKM Sepakbola juga memberikan seminar yang dapat membantu memberikan semangat serta gambaran yang dapat dilakukan untuk Mengembangkan diri di dunia sepakbola selama pandemic Covid-19 ini. Tidak hanya mengembangkan para pemain sepakbolanya saja, UKM Sepakbola juga memberikan wadah yaitu berupa studi banding dengan universitas yang tentunya kegiatannya  UKM Sepakbolanya juga bagus untuk bertukar informasi, dan pengetahuan yang dapat digunakan untuk mengembangkan UKM Sepakbola menjdai lebih baik lagi. Tidak lupa lagi UKM Sepakbola juga menyisihkan bagiannya untuk melakukan upaya peduli social dengan berbagi dengan sesama yang membutuhkan yang diwadahi dengan program kerja football care. Sehingga jelas bahwa UKM Sepakbola Universitas tidak hanya mengembangkan prestasi dan mewadahi mahasiswa dalam berorganisasi dan mengembangkan dirinya di bidang sepakbola, tetapi juga peduli terhadap lingkungan sekitar baik di dalam kampus maupun di luar kampus.


SEJARAH :

UKM sepak bola ini berdiri pada tahun 1995 sebagai bagian dari UKM yang ada di BEMU dan saat itu Wakil Rektornya bapak Budi Setiyadi. UKM ini termasuk UKM paling lama selain MENWA, RACANA dan WANACARAKA.Kegiatan normal berjalan dan waktu itu latihannya di Lap Don Bosko. Lalu baru di tahun 2007 saat pak Ferdinandus Hindiarto menjadi WR3. Setelah melalui perjuangan dan perjalanan panjang, UKM sepakbola Unika bisa masuk menjadi anggota Pengcab PSSI Kota Semarang.Unika menjadi anggota ke 24 dari 25 anggota saat ini yang ada setelah pasang surut ganti pelatih dan pemain, saat ini PS Unika menjadi tim yang disegani di kancah sepakbola kota Semarang.


VISI & MISI

VISI :

UKM Sepakbola menjadi wadah bagi mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata untuk mengembangkan bakat dan talentanya dengan mengedepankan sikap (attitude).

MISI :

  1. Mengembangkan kemampuan sepakbola yang dimiliki oleh mahasiswa.
  2. Menjadikan UKM Sepakbola yang paling banyak diminati oleh mahasiswa.
  3. Menjunjung tinggi tali persaudaraan di antara UKM yang ada di Universitas Katolik Soegijapranata.
  4. Menjunjung tinggi sportifitas dalam setiap kompetisi yang diikuti oleh UKM Sepakbola Unika Soegijapranata.

STRUKTUR ORGANISASI:


PROGAM KERJA

  • Inventarisasi (SatuPeriode 2020/2021) > Mencatat dan melengkapi sarana dan fasilitas UKM Sepakbola Universitas Katolik Soegijapranata.
  • Studi Banding (17 April 2021 & 1 Mei 2021) > Memberi gambaran dan masukan untuk kegiatan UKM Sepakbola Universitas Katolik Soegijapranata yang akan dilaksanakan, Menjalin kerja sama yang baik antara UKM Sepakbola Universitas Katolik Soegijapranata dengan UKM Sepakbola Universitas lain.
  • Webinar Football Talk (27 Maret 2021) > Untuk memperkenalkan UKM Sepakbola Universitas Katolik Soegijapranata, Mengembangkan potensi masyarakat dalam bidang olah raga sepakbola.
  • Football Care (19 Juni 2021) > Melakukan kegiatan sosial menyalurkan cinta kasih sesama yang ditujukan untuk panti asuhan.

PRESTASI YANG PERNAH DI RAIH

TAHUN PRESTASI
2001 JUARA 1 TURNAMEN APTIK
2003 JUARA 1 TURNAMEN APTIK
2002-2003 JUARA 1 TURNAMEN Se JAWA-BALI
2005 JUARA 1 TURNAMEN PORSIMAPTAR
2007 JUARA 1 TURNAMEN PORSIMAPTAR
2013 JUARA 3 COPA PENGCAB PSSI KOTA SEMARANG
2014 JUARA 3 KOMPETISI PENGCAB PSSI KOTA SEMARANG

Contact Person :

Bagas 089630906907


FOTO KEGIATAN

Gambar 1. Sesi Talk Show dari Arhan acara Webinar football Talk

Gambar 2. Studi Banding Unika dengan UNY

Gambar 3. Barang Inventarisasi UKM Sepakbola