English Bahasa Indonesia

Sejarah Unika SOEGIJAPRANATA

 

 MGR Soegija

Mengenal UNIKA SOEGIJAPRANATA

Unika SOEGIJAPRANATA berdiri tanggal 5 Agustus 1982. Sebelumnya universitas ini bernama Universitas Katolik Atma Jaya Semarang dan Institut Teknologi Katolik Semarang (ITKS).

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unika SOEGIJAPRANATA mengabdikan nama Mgr. Alb. Soegijapranata, SJ sebagai pelindung. Mgr. Soegijapranata adalah seorang imam, Uskup Agung pribumi pertama, tokoh dan pahlawan nasional. Soegijapranata lahir di Surakarta, 25 November 1896. Masuk sebagai novis Serikat Yesus di Mariendaal, Grave, Belanda pada tanggal 27 September 1920, beliau ditahbiskan sebagai Imam pada tanggal 15 Agustus 1931 dan pada tanggal 20 September 1940 sebagai Uskup Agung Semarang. Perjuangan dan perhatian beliau dalam dunia pendidikan merupakan kelanjutan dari sikap gurunya, Rm. Frans Van Lith, SJ. Salah satu perjuangannya adalah mengangkat dua perguruan tinggi Katolik tertua di Bandung dan Yogyakarta hingga memperoleh status disamakan dengan perguruan tinggi negeri.

Pemihakan terhadap kaum miskin papa (option for the poor) juga dilakukan Mgr. Soegijapranata. Melalui gerakan dan pemikirannya, beliau ikut serta mendorong terbentuknya organisasi sosial ekonomi yang memberi perhatian penuh terhadap pemberdayaan korban perang dan masyarakat miskin. Pada masa kini, Unika SOEGIJAPRANATA terus berkehendak untuk meneruskan semangat perjuangan Mgr. Soegijapranata.

Di awal berdirinya, Unika SOEGIJAPRANATA berlokasi di Jl. Pandanaran 100 Semarang dan hanya terdiri dari tiga Fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangan Universitas, selain perkuliahan Bahasa Inggris yang masih dilaksanakan di kampus Menteri Supeno yang memiliki perlengkapan yang modern, sejak pertengahan dekade 1990 seluruh aktifitas perkuliahan dipusatkan di kampus Bendan Duwur. Dilengkapi dengan sarana perpustakaan yang lengkap dan nyaman di kampus Bendan, mahasiswa akan merasakan gairah serta academic atmosphere dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan teknologi.

Saat ini UNIKA Soegijapranata mengelola satu Program Diploma Perpajakan, 18 Program Sarjana S-1, dan sembilan Program Magister. Program Sarjana meliputi Arsitektur, Desain Komunikasi Visual, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Robotik Mekatronik, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Teknologi Pangan, Nutrisi dan Teknologi Kuliner, Sastra Inggris, Englishpreneurship, Teknik Informatika, Mobile Computing, Sistem Informasi dan Game Technology.

Sedangkan Program Magister meliputi Program Magister Sains Manajemen, Magister Manajemen, Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (PMLP), Program Magister Ilmu Hukum dengan konsentrasi Hukum Kesehatan, Program Magister Sains Psikologi dengan konsentrasi Psikologi Perkembangan Sosial dan Pendidikan, Magister Profesi Psikologi, Magister Teknik Arsitektur konsentrasi Arsitektur dan Permukiman serta Magister Teknologi Pangan.

Sejalan dengan perkembangannya, Unika SOEGIJAPRANATA telah memiliki kerja sama dengan institusi perguruan tinggi lain di luar negeri, seperti Trinity Western University di Kanada dalam hal pendampingan mahasiswa Magister Profesi Psikologi untuk menjadi konselor korban bencana serta Radboud University Nijmegen untuk berbagai penelitian yang terkait dengan perubahan iklim, pembangunan dan migrasi. Unika Soegijapranata juga aktif dalam kolaborasi internasional penelitian lingkungan, khususnya pencemaran logam pantai dan ekspor nutrien, bersama tiga universitas Belanda: Free University, Wageningen University dan Open University.

Kerjasama dengan Providence University, Fu-Jen University dan Soochow University di Taiwan secara rutin dijalankan dalam rangka student exchange atau pertukaran mahasiswa, pertukaran staf edukatif, penelitian dan publikasi bersama. Sedangkan kerjasama dengan Assumption University-Thailand telah memungkinkan mahasiswa Unika SOEGIJAPRANATA terlibat dalam penelitian yang dapat digunakan sebagai tugas akhirnya ketika kembali ke Indonesia dan berkesempatan untuk ditempatkan sebagai peserta magang di beberapa perusahaan di Thailand. Jaringan kerjasama lain yang telah dibangun oleh Unika SOEGIJAPRANATA adalah melalui keikutsertaan dalam berbagai asosiasi perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri seperti APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik Indonesia), ASEACU (Association of South East Asia Catholic  University), ACUCA (Association of Christian Universities and Colleges of Asia), IFCU (International Federation of Catholic Universities), NUNI (Nationwide University Network in Indonesia), I-IEN (Indonesia Integrity Education Network) dan UBCHEA (United Board of Christian Higher Education in Asia). Jaringan dan kerjasama ini  memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan berinteraksi dalam komunitas internasional dan sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan wawasan dan kepribadian mahasiswa.

Beberapa kesepakatan untuk melakukan credit transfer juga sudah ada antara UNIKA Soegijapranata dan Chang Jung Christian University, Providence University dan Fu Jen Catholic University di Taiwan. Mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan Unika SOEGIJAPRANATA juga telah banyak mengukir keberhasilan dalam berbagai bidang di tingkat regional, nasional maupun internasional. Hal ini terjadi karena suasana akademik di Unika SOEGIJAPRANATA yang selalu mendorong segenap civitas akademika untuk terus mengembangkan hard skill dan soft skill guna mendapatkan hasil yang lebih baik bagi lingkungan sekitarnya. Mahasiswa Unika SOEGIJAPRANATA berasal dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya Jawa  Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nanggroe  Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Papua dan berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Hal ini menunjukkan Unika SOEGIJAPRANATA telah dikenal oleh berbagai kalangan di Indonesia.  Dengan latar belakang mahasiswa yang beragam, seluruh civitas akademika Unika SOEGIJAPRANATA mempunyai kesempatan yang luas dalam mengembangkan nilai kebersamaan dan toleransi dengan terus menjaga nilai cinta kasih, semangat untuk tidak membeda-bedakan sesama serta nilai keadilan dan kejujuran.

 

 

Facebook Comments