English Bahasa Indonesia

UKM SOEPRA RADIO

PROFIL UNIT KEGIATAN MAHASISWA
UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA
2018 – 2019


DESKRIPSI (SEJARAH UKM SOEPRA RADIO)

UKM Soepra Radio adalah salah satu dari sekian banyak UKM yang terdapat di Universitas Katolik Soegijapranata. UKM yang berdiri sejak tahun 2002 ini bergerak dalam bidang broadcasting, khususnya mengembangkan bakat anggotanya di dunia siaran. UKM ini mengusung tema informatif rekreatif, dan pengembangan teknologi.

UKM yang kini berumur 17 tahun ini sebelumnya telah memiliki frekuensi, yaitu 108.00, dan bernama soeprafm. Namun dikarenakan suatu kendala, Soepra Radio saat ini tidak memiliki frekuensi sendiri, sehingga sebutan FM dihilangkan dan menjadi Soepra Radio. Tetapi tidak adanya frekuensi tentu tidak menghentikan kegiatan siaran UKM ini. Siaran Soepra Radio dapat didengarkan melalui streaming.

Selain kegiatan rutin siaran yang dilakukan sehari-hari, setiap tahun UKM Soepra Radio selalu menyuguhkan kegiatan-kegiatan tahunan yang membanggakan. Kegiatan yang menjadi program kerja tahunan memang terkadang berbeda, disesuaikan dengan perkembangan jaman, serta kondisi dan kebutuhan dari UKM ini sendiri dan sekitarnya. Kegiatan-kegiatan tersebut misalnya Pelatihan Internal, Soepraaction (acara HUT Soepra), studi banding, dan lain sebagainya.


VISI ORGANISASI

Menjadi pusat informasi, hiburan, budaya, dan komunikasi di lingkungan Universitas Katolik Soegijapranata


MISI ORGANISASI

  • Mempromosikan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, fakultas-fakultas, program-program kegiatan mahasiswa, dan detail yang lainnya.
  • Menyebarkan konsep arti fungsi, contoh-contoh anjuran tentang cinta kasih yang luas, tidak terbatas agama tertentu ataupun manusia 

PRESTASI YANG TELAH DIRAIH

  • 2016: Media Partner pada Festival Buku Murah Semarang
  • 2016: Juara 1 Lomba Siar Galaksiar “One Step Closer to be a Broadcaster”

SUSUNAN ORGANISASI

 


JADWAL KEGIATAN RUTIN

Setiap anggota baru akan mendapatkan coach, di mana coach-nya adalah anggota dari angkatan di atasnya yang memiliki bidang berkaitan (penyiar akan dilatih oleh penyiar, demikian pula dengan crew).

Pelatihan dilakukan sebanyak 8 kali untuk penyiar, kemudian penyiar baru akan didampingi oleh penyiar lama untuk melakukan siaran secara langsung. Untuk crew, pelatihan tidak harus sebanyak 8 kali (menyesuaikan materi yang akan dilatih sampai selesai). Jadwal latihan disesuaikan antara coach dengan anggota baru yang dilatih.

 


JADWAL KEGIATAN TAHUNAN

No

Nama Kegiatan

Waktu Kegiatan

1.

Pelatihan Internal

Maret 2019

2.

Studi Banding

April 2019

3.

SoepraAction

September 2019

 


KONTAK

Instagram       : @Soeprafm
Facebook        : –
Line@              : @jyt6337t

 


FOTO KEGIATAN

001 : Kegiatan Studi Banding 2018

001 : Kegiatan Studi Banding 2018

002 : Kegiatan Expo UKM 2018

002 : Kegiatan Expo UKM 2018

003 : Kegiatan Soepra Action 2018

003 : Kegiatan Soepra Action 2018

004 : Kegiatan Sikrab 2018

004 : Kegiatan Sikrab 2018

 

Facebook Comments