English Bahasa Indonesia
Misa Harian setiap hari Senin-Jumat pukul 12.00 di Kapel Unika Soegijapranata

UKM PRAMUKA RACANA

SEJARAH

Racana Soegijapranata pernah ada dan berjaya dahulu kala. Karena banyak sebab, Racana Soegijapranata akhirnya mengalami kemunduran dan akhirnya tidak aktif selama bertahun-tahun. Pada tahun 2014, Unika Soegijapranata mengikuti acara Kemah Kebangsaan dimana Ibu Lita yang menjabat sebagai Wakil Rektor III kala itu menunjuk beberapa mahasiswa dari berbagai UKM untuk mengikuti acara tersebut. Beliau melihat adanya potensi untuk menghidupkan kembali Racana Soegijapranata yang pernah ada lewat mahasiswa peserta Kemah Kebangsaan.

Akhirnya beliau menunjuk 5 orang peserta kemah kebangsaan yang memiliki latar belakang pramuka untuk menjadi tim pembentuk Racana Soegijapranata yang kemudian disebut sebagai Satgas. Ibu Lita bersama tim satgas akhirnya mulai menyusun berbagai persiapan termasuk melakukan study banding ke racana lain. Akan tetapi, karena kesibukan masing-masing akhirnya tim satgas pun mulai tidak aktif kembali.

Pada awal tahun ajaran 2015/2016, kembalilah tim satgas dapat aktif kembali karena bertambahnya anggota tim dari mahasiswa baru yang kala itu berniat untuk mengajukan proposal pendirian. Mahasiswa baru tersebut akhirnya bergabung dalam tim satgas untuk menyatukan visi misi dan anggota satgas menjadi 6 orang. Seiring berjalannya waktu dan setelah melalui beberapa proses, tibalah saatnya tim satgas berani eksis dengan melakukan recruitment dan berhasil aktif sebagai Pra-UKM pada tahun 2016.

Dengan berbekal anggota yang masih terbatas, Pra-UKM racana mencoba untuk melakukan pertemuan rutin, mengadakan malam keakraban untuk anggota serta ikut berperan aktif pada acara UKM lain maupun Racana lain. Racana Soegijapranata berdiri secara resmi pada tanggal 29 September 2017. Saat itu juga Racana Soegijapranata resmi menjadi UKM sekaligus menjadi bagian Pramuka Kwartir Cabang Kota Semarang Gudep 03.079 – 03.080. Saat ini UKM Pramuka, Racana Soegijapranata berpangkalan di Kampus Ungu Unika Soegijapranata Semarang di bawah naungan Kwartir Ranting Gajahmungkur.


VISI & MISI

VISI :

“Menjadi wadah bagi civitas akademika Universitas Katolik Soegijapranata untuk berkarya bagi negara dan sesama melalui Gerakan Pramuka”

“Mencetak pribadi yang unggul, berwawasan luas, dan bertanggung jawab berlandaskan dasar-dasar kepramukaan asas bela negara dan pancasila untuk berkarya bagi negara dan kemanusiaan”

MISI :

  1. Menanamkan nilai-nilai pancasila, asas bela negara, dan trisatya.
  2. Membangun kekeluargaan antar sesama anggota pramuka dalam berbagai tingkat.
  3. Mengaplikasikan gerakan pramuka dalam hidup sehari-hari.
  4. Membangun manusia seutuhnya, berilmu, dan beriman.
  5. Menjadi gerakan kepanduan yang bersinergi dengan segala bidang.
  6. Membentuk pribadi yang berkarakter dan tangguh.

ANGGOTA TIM PEMBENTUK (SATGAS)

  • Aloysius Andreanto Rahardjo (FTP ’12)
  • Petrus Herman (FEB ’12)
  • Dhian Adi Putranto (FIKOM ’12)
  • Vernon Astipa (FPSI ’12)
  • Adella Rachma (FPSI ’13)
  • Selvi Wijaya Putri (FTP ’15)

PARTISIPASI KEGIATAN

  • HUT Racana lain di Kota ataupun Kabupaten Semarang
  • Pelantikan Dewan Racana lain di Kota ataupun Kabupaten Semarang
  • Pelatihan Pramuka sebagai Fasilitator Hak Anak Jawa Tengah (2016)
  • Jamboree on the Air, Jamboree on the Internet (2017)
  • HUT Pramuka se-Kota Semarang (2017)

DOKUMENTASI KEGIATAN RACANA DI TAHUN 2017 / 2018

1. Upacara Hari Pahlawan di Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang

2. Kemah Bakti SMK Pika semarang

3. Kegiatan Sosial membersihkan jalur wisata jurug Sumirang Ungaran


CONTACT PERSON :

E-mail                      : racanasoegijapranata@gmail.com
Iqbal Gumilar            : 082226496435
Selvi Wijaya Putri       : 083842422441

 

Facebook Comments