English Bahasa Indonesia

Unika Tingkatkan Sinergi Antara Fakultas Psikologi Dengan Pusat Psikologi Terapan (PPT)

_MG_4831Pusat Psikologi Terapan (PPT) yang dulunya bernama Lembaga Psikologi Terapan (LPT) dan berlokasi di Jalan Imam Bonjol, mulai bulan Januari 2016, semua operasional pelayanan sudah resmi dipindahkan ke gedung Teresa kampus Unika Soegijapranata, jl. Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Dhuwur, Semarang. Dalam rangka mengawali operasional gedung baru tersebut, pada hari Jumat (29/1) telah diselenggarakan acara pemberkatan dan peresmian gedung Teresa dengan ditandai penandatanganan prasasti oleh Ketua Pengurus Yayasan Prof. Dr. Magdalena Sidhartani Zein, M.Sc, Sp.A(K), Rektor Unika Prof. Dr. Ir. Yohanes Budi Widianarko, M.Sc, Pembina Yayasan Sandjojo Rm. Dr. Paulus Wiryono, SJ dan Administrator Diosesan Rm. FX Sukendar Wignyosumarto, Pr.

Peresmian gedung PPT juga dihadiri oleh jajaran rektorat Unika, para dekan dan staff, Perwakilan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, beberapa perusahaan yang menjadi mitra PPT Unika dan tamu undangan lainnya.

“Secara khusus pelayanan PPT di gedung baru yang tersambung langsung dengan gedung Antonius, dilandasi oleh konsep keterpaduan antara proses perkuliahan, penelitian dan praktek profesi secara utuh. Kami berharap dengan mendekatkan ketiga proses itu dibawah satu atap, akan saling menunjang dan melengkapi sehingga Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata secara kualitas menjadi lebih baik” ujar Rektor Unika Prof. Dr. Ir. Yohanes Budi Widianarko, M.Sc. dalam sambutannya di gedung Teresa. “Kami sengaja mendekatkan keduanya dalam rangka meningkatkan sinergi diantara keduanya. Pelayanan Psikologi berupa assessment, training, counseling akan ditunjang oleh kajian teoritik dan penelitian empirik para dosen serta penelitian yang berumah di Fakultas Psikologi” lanjutnya.

PPT yang sudah didirikan sejak 20 tahun lalu, tentunya sudah banyak pelayanan psikologi yang diberikan baik untuk kalangan pemerintahan maupun perusahaan, sekolah serta perorangan. “ Ada trend yang cukup menarik di tahun 2015 yaitu adanya kenaikan jumlah layanan konsultasi anak yang meningkat hampir 200 %,” ungkap Ferdinandus Hindiarto, S.Psi., M.Si sebagai Direktur PPT Unika.

Lebih lanjut dijelaskan, “Cita-cita pak rektor itu sebenarnya sederhana, gedung PPT dibangun disini jadi satu dengan Fakultas Psikologi agar mahasiswa Fakultas Psikologi bisa melihat atau terjun langsung dalam praktek psikologi, seperti contohnya mahasiswa magister profesi psikologi yang sudah semester tiga, diperbolehkan untuk memberikan terapi disamping konsultan yang sudah ada, tentunya tetap disupervisi oleh psikolog dan atas persetujuan klien atau orang tua, maka dengan istilah Student Exposure ini, kepada mahasiswa mulai di expose tentang pekerjaan atau profesinya saat kelak menjadi psikolog” jelas Ferdinandus.

Beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Psikologi , untuk yang akan datang juga akan dilibatkan dalam PPT. “kedepan, UKM tentu akan sangat terlibat, seperti UKM Sunrice dan Hypnomorphosis jika PPT membutuhkan mereka tentu akan segera kita hubungi” tutupnya.(Ajie)

Tautan : news.unika.ac.id

Facebook Comments