English Bahasa Indonesia

KEGIATAN KEMAHASISWAAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarin di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.

PKM secara umum bertujuan untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan; kreatif, inovatif dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. PKM menumbuh kembangkan HOTS (Higher Order Thinking Skills), Creative Thinking melalui implementasi filosofi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu:
(1) Pendidikan dan pengajaran.
(2) Penelitian dan pengembangan.
(3) Pengabdian kepada masyarakat.

JENIS – JENIS PKM
Berikut jenis – jenis PKM yang sudah ditentukan oleh Kemenristekdikti;

PKM-Penelitian (PKM-P) PKM-P bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat dan rasa ingin tahu mahasiswa terhadap persoalan, kebutuhan dan tantangan yang dihadapi Indoneia, menemukan solusi ilmiah yang tepat sehingga mampu menghasilkan karya penelitian  yang bermanfaat baik bagi masyarakat akademik maupun masyarakat luas.

PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) PKM-T bertujuan untuk membuka wawasan iptek mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro sampai perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit seperti bidan yang memiliki Klinik Bersalin, petani, nelayan, pedagang jamu gendong, tukang becak dan lain-lain.PKM-T mewajibkan adanya Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama antara Pengusul dan calon Mitra. Surat termaksud disertakan dalam lampiran proposal.

PKM-Kewirausahaan (PKM-K) PKM-K bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit.

PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) PKM-M bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan iptek kampus yang menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit. Jika masyarakat mitra adalah kelompok masyarakat (bukan pemerintah desa atau dusun), maka yang bertandatangan sebagai mitra bukan Kepala Desa atau RT/RW tetapi kelompok yang akan memperoleh manfaat program. Surat termaksud disertakan dalam lampiran proposal.

PKM-Karsa Cipta (PKM-KC) PKM-KC bertujuan membentuk kemampuan mahasiswa mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan kemanfaatan langsung bagi pihak lain. PKMKC tidak meniru produk eksisting baik di dalam maupun luar negeri, kecuali memodifikasi prinsip dan/atau fungsinya.

PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-AI). PKM-AI(PKM-Artikel Ilmiah) bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat dan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa.

PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT) PKM-GT(PKM-Gagasan Tertulis) bertujuan untuk membudayakan kebiasaan menulis mahasiswa berbasis nalar dan memandunya dengan penyusunan strategi perubahan atau pengembangan bangsa dan negara ke depan.
PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GTK) PKM-GFK bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia ataupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia.

KEUNTUNGAN MENGIKUTI KEGIATAN PKM

  • Mengasah Menulis dan menuangkan ide.
  • Mengasah Pengalaman.
  • Mengasah Kreatifitas.
  • Mengasah Kemampuan Menulis.
  • Mendapat kenalan atau koneksi.
  • Mendapatkan hadiah, jika LOLOS PKM tingkat regional yaitu berupa pendanaan PKM sesuai Proposal yang dibuat sekitar Rp.2.500.000 sampai Rp.12.500.000.
  • Diakui pihak kampus UNIKA bahwa PKM bisa digunakan untuk persyaratan pendaftaran baeasiswa Sandjojo dan jika LOLOS setara dengan mata Kuliah (KKN), (KKU) dan (KKS) dengan nilai A
  • Mendapatkan Medali, jika LOLOS PIMNAS akan mendapatkan mendali emas, perak, dan perunggu serta penghargaan lainnya dan tentunya memperbaik CV untuk Pertimbangan Perusahaan saat melamar Kerja.