Isi Masa Mudamu dengan Belajar dan Mencari Pengalaman Hidup

July 7, 2021

imageNicolaus Adi Nugroho, ST

Disiplin, dedikasi, dan determinasi. Ketiga kata itulah yang mencerminkan diri seorang Nicolaus Adi Nugroho, ST. Ketiga kata itu pulalah yang menjadi motto hidup dari pria kelahiran Semarang tanggal 7 Mei 1989 ini. Telah banyak hal yang dilaluinya semasa berkuliah di jurusan Teknik Elekro sejak tahun 2007 sampai 2011, hal itulah yang membuatnya bisa menjadi seperti sekarang ini. Nico benar-benar memanfaatkan masa mudanya untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan mengembangkan dirinya. Semasa berkuliah, ia pernah menjabat sebagai ketua dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Senat Mahasiswa tingkat fakultas. Selain memiliki pengalaman di kedua ormawa tersebut, ia juga pernah membentuk dan mengkoordinasi Tim Robot Unika. “Semuanya memberi manfaat dalam dunia kerja terutama berkaitan dengan perencanaan kerja dan manajemen organisasi,” ujar Nico.

Kini Nico sedang bekerja di PT. Djarum pada bidang Departemen Produksi. Nico dapat bekerja seperti sekarang ini berkat pengalaman yang didapatnya selama berorganisasi serta kemampuannya dibidang akademik. Beberapa hari setelah dinyatakan lulus, Nico dihubungi oleh PT. Djarum untuk mengikuti tes di kantor Lamper Semarang. Kala itu Nico belum memasukkan lamarannya, namun ia sudah dihubungi perusahaan. Menurut Nico, hal itu dapat terjadi karena pada saat itu Unika menyebarkan katalog-katalog lulusan ke beberapa perusahaan.

Dalam bekerja selama 8 tahun ini, Nico selalu mengutamakan totalitas. “Dari pengalaman yang baru dilalui selama 8 tahun ini, hal yang paling bisa saya petik adalah totalitas dalam bekerja. Hal positif apa yang bisa kita berikan untuk perusahaan tempat kita bekerja, berikan yang terbaik,” ungkapnya.

Dari pengalaman-pengalaman itulah, Nico berpesan bagi almamater agar lebih banyak lagi melibatkan mahasiswa dalam project – project fakultas dan penelitian dosen. Tak hanya itu, Nico juga ingin agar dapat mengikutsertakan mahasiwa-mahasiswi dalam berbagai kompetisi di luar kampus. Hal itu bertujuan agar dapat menambah wawasan dan pengalaman yang dapat berguna bagi mahasiswa nantinya. Selain bagi almamater, Nico pun berpesan bagi seluruh teman-teman mahasiawa, “Belajar dengan baik di kelas dan berusaha lebih keras lagi di luar kelas. Buat masa mudamu menjadi waktu yang sangat sibuk untuk belajar dan mencari pengalaman hidup.”

Facebook Comments Box