Terlatih Mandiri dan Tangguh

June 8, 2021

imageEster Adelita Santoso, STP

“Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak menambahinya.” Itulah motto hidup dari seorang Ester Adelita Santoso, STP sebagai salah satu alumni dari program studi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata Semarang.

Wanita yang gigih ini mengambil motto hidupnya dari pengalaman-pengalaman hidup yang telah dilaluinya selama ini. Alasan wanita ini tergerak untuk memilih motto ini dikarenakan semua rejeki, jabatan, kedudukan yang setiap orang miliki saat ini semata-mata adalah pemberian Tuhan, apa yang mau setiap orang sombongkan.

Ester memulai studinya di Unika Soegijapranata Semarang sejak tahun 2003. Dengan segala semangat yang tinggi dan ketekunan dalam menjalankan perkuliahan, wanita ini dapat menyelesaikan perkuliahan pada tahun 2004.

Hal tersebut dapat mencerminkan seorang Ester yang dapat dikategorikan lulus dengan cepat sekali, dimana hal tersebut selalu membutuhkan ketekunan menjalankan perkuliahan dan semangat yang dapat dijunjung tinggi serta tak lupa untuk disertai dengan doa. Ester sungguh menekuni di bidang pangan, sehingga dia memiliki banyak pengalaman yang didapatkan selama berkuliah di Unika Soegijapranata.

Salah satu hal pengalaman yang telah didapatkan oleh Ester sendiri yaitu memiliki banyak pengetahuan dasar tentang teknologi pangan seperti contoh praktikum dalam laboratorium dan banyak penelitian pada saat menjalankan skripsi di bidang pangan yang dapat diterapkan di karir selanjutnya yang dapat dipelajari di Fakultas Teknologi Pertanian. Pengalaman tersebut sangat membantu Ester dalam menekuni keahliannya dan menonjolkan dalam menjalankan karir kerja yang sedang dijalankan Ester hingga saat ini.

Banyak pengalaman yang didapatkan oleh Ester selama berkuliah di Unika Soegijapranata diantaranya pengalaman tugas praktikum yang padat membuat Ester tidak kaget dalam menghadapi pekerjaan dia yang selalu dikejar deadline, sehingga menjadi lebih pandai dalam mengatur waktu. Pengalaman Ester selama berkuliah menjadikan Ester lebih siap dalam menjalankan karir yang nyata di kehidupan yang sesungguhnya, karena telah terlatih untuk menjadi wanita yang mandiri dan tangguh dalam berbagai hal serta dapat mengambil banyak manfaat selama berproses di perkuliahan. Hal tersebut memotivasi Ester untuk menekuni segala karir yang terdapat pada dirinya.

Wanita tangguh ini juga memiliki pengalaman kerja yang telah dilaluinya selama ia menjalankan pekerjaannya dengan penuh tantangan dan perdebatan. Pada tahun 2004-2006 ketika dia baru saja lulus dalam perkuliahan, dia bekerja sebagai Purchasing di supermarket yang sungguh mengesankan disertai dengan tantangan dalam mengatasi segala permasalahan dalam supermarket tersebut. Kemudian, pada tahun 2006 hingga saat ini Ester mendirikan rumah makan di Semarang. Ester berwirausaha melalui rumah makan yang didirikannya hingga saat ini yang menjadikan dia mendapatkan penghasilan dari hasil jual makanan di rumah makannya. Banyak sekali pengalaman yang telah dilaluinya dengan tidak semulus yang Ester bayangkan, tetapi penuh dengan perjuangan dan harus diselesaikan dengan sebaik mungkin.

“Tetap semangat, rajin kuliah, bikin tugas, cepet lulus, dan bekerja. Lulusan Unika Soegijapranata harus memiliki etos kerja yang baik”, kata Ester dalam menyampaikan pesannya kepada almamater dan mahasiswa Unika Soegijapranata.

Facebook Comments Box