Mahasiswa Harus Bisa Menempatkan Diri di Berbagai Situasi

December 23, 2020

image

Elisabeth Rain Ory, SS.

Everything happens for a reason. Dalam hidup, kita tidak akan pernah terhindar dari masalah, tapi dari situlah kita belajar bagaimana kita menghadapi, menyelesaikan, dan menjalani dari satu masalah ke masalah lain”, kata Elisabeth Rain Ory, SS.

Itulah motto hidup yang selalu dipegang oleh Elisabeth Rain Ory, SS. Dia merupakan salah satu alumni dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata program studi Sastra Inggris. Wanita yang memiliki hobi belajar bahasa internasional ini memulai studinya di FBS Unika Soegijapranata pada tahun 2015. Ia lulus pada tahun 2018.

Rain, begitulah sapaan akrab dari Elisabeth Rain Ory, SS, mengatakan bahwa pada tahun 2013 sampai 2017, ia pernah berprofesi sebagai pramuwisata bagi wisatawan mancanegara. Menurutnya, setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan. Begitu pula saat dia menjadi pramuwisata. “Saya harus bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh para wisatawan dalam Bahasa Inggris. Dan saya juga harus memberi penjelasan terhadap sesuatu dengan sangat detail supaya klien saya merasa puas dengan layanan yang saya berikan”, jelas Rain

Selain memiliki hobi belajar bahasa internasional, Rain juga memiliki hobi di bidang fotografi dan desain.

Wanita kelahiran Semarang, 9 Juli 1993 ini juga menambahkan bahwa pada tahun 2010 sampai 2011, ia pernah bekerja sebagai Graphic Designer. “Pada saat itu, pekerjaan saya itu membuat poster, brosur, logo, dan lain – lain. Saat itu saya masih duduk di bangku SMA”, ucap Rain.

Menurut Rain, selama ia berkuliah di FBS Unika Soegijapranata, banyak sekali hal yang ia dapatkan. Pertama, FBS Unika Soegijapranata mengajarkannya bagaimana untuk menghadapi orang – orang dengan karakter dan pola pikir yang berbeda darinya. Kedua, Rain juga diajarkan untuk menyelesaikan segala tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan. Ketiga, FBS Unika Soegijapranata merupakan tempat baginya untuk menyalurkan bakat, talenta, dan keahlian yang ia miliki untuk menciptakan suatu karya.

Wanita yang kini telah berprofesi sebagai kontraktor, interior designer, photographer, videographer, graphic designer, sekaligus translator di salah satu perusahaan di Jakarta yang bernama Inti Internusa Sentosa berharap untuk seluruh mahasiswa Unika Soegijapranata untuk aktif selama kuliah dengan menyalurkan bakat serta keahlian yang dimiliki baik dalam bidang akademik maupun non – akademik.

“Mahasiswa juga harus bisa menempatkan diri di berbagai situasi yang berbeda, yang tidak semua bisa diterima dengan senang hati. Ada masanya kalian akan mengalami situasi berat saat kalian tidak menemukan solusi atau jawaban untuk tugas-tugas kuliah, atau kegiatan kampus. Tetapi dari semua hal yang kalian alami, percayalah, semuanya berguna, walaupun tidak sepenuhnya, dan tidak semua memiliki dampak yang besar dalam kehidupan kalian, tapi ketika kalian sudah berada dalam dunia pekerjaan, dimana kalian harus belajar untuk bertahan hidup, kalian akan menyadari bahwa kuliah sangat membantu kehidupan kalian. Tinggalkan nama dan sejarah untuk diingat, tapi tentunya hal positif. Jangan sia-siakan kesempatan untuk menerima pendidikan yang kalian miliki saat ini. Banyak di luar sana yang mendambakan posisi kalian sebagai mahasiswa”, tandas Rain.


Telah diterbitkan dalam buku “Profil 101 Alumni Unika Soegijpranata” dari hasil penjualan buku tersebut dipergunakan untuk beasiswa DUTA (Dukungan Kita)

buku terbitan   SCU Knowledge Media


Facebook Comments