Tidak Melihat Setiap Permasalahan Dari Satu Sudut Pandang Saja

December 14, 2020

image Handayani Purnamasari, STP

“Proaktif, produktif, dan sportif” Itulah motto hidup dari seorang Handayani Purnamasari, STP sebagai alumnus dari program studi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata Semarang. Wanita produktif ini mengambil motto hidupnya dari pengalaman-pengalaman hidup yang telah dilaluinya selama ini.

“Kehidupan mengalami perkembangan dan semua itu dizinkan terjadi sesuai dengan izin Tuhan. Kita harus proaktif dalam perubahan, tidak sekedar pasif dan menikmati sebagai konsumen perubahan tetapi sebisa mungkin turut andil secara produktif dan proaktif dalam mendukung perkembangan ke arah lebih baik. Tetapi tidak dipungkiri terkadang pemikiran, rencana, usaha yang kita lakukan tidak sesuai dengan harapan maka dari itu diperlukan sikap sportif, lapang dada legowo dan terus bersyukur kepada Tuhan plus tidak pantang menyerah”, ucap Handayani.

Wanita tangguh ini memulai perkuliahan di Unika Soegijapranata Semarang sejak tahun 2004. Dengan segala kegigihan yang tinggi dan ketekunan dalam menjalankan perkuliahan, Handayani dapat menyelesaikan perkuliahan pada tahun 2009.

Hal tersebut dapat mencerminkan seorang Handayani yang dapat dikategorikan lulus dengan cukup tepat waktu, dimana hal tersebut selalu membutuhkan ketangguhan menjalankan perkuliahan dan ketekunan yang sangat tinggi serta tak lupa untuk disertai dengan doa. Handayani sungguh menekuni di bidang pangan, sehingga dia memiliki banyak pengalaman yang didapatkan selama berkuliah di Unika Soegijapranata. Salah satu hal pengalaman yang telah didapatkan oleh Handayani sendiri yaitu memiliki banyak pengetahuan dasar tentang teknologi pangan seperti contoh bisnis pangan yang dapat diterapkan di karir selanjutnya yang dapat dipelajari di Fakultas Teknologi Pertanian. Pengalaman tersebut sangat membantu Handayani dalam mengerucutkan keahliannya dan menekuni karir kerja yang sedang dijalankan Handayani hingga saat ini.

Banyak pengalaman yang didapatkan oleh Handayani selama berkuliah di Unika Soegijapranata antara lain dia aktif di organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa dan Senat Mahasiswa. Dalam hal ini Handayani dapat melihat kesinambungan 2 organisasi tersebut sehingga pada saat terjun di lingkungan pekerjaan Handayani tidak melulu melihat setiap permasalahan dari satu sudut pandang saja tetapi setiap aspek tiap-tiap divisi yang akhirnya akan lebih bijaksana menentukan solusi permasalahan tiap masalah yang ada. “Setiap kegiatan di FTP baik praktikum, padatnya perkuliahan, KKL, skripsi semua turut andil dalam mental saya saat menjalani pekerjaan yaitu sudah biasa kerja lembur, dituntut waktu dan deadline jadi merasa pekerjaan yang dijalani tidak terlalu berat. Yang terpenting juga link antar alumnus yang terjaga turut mendukung support dalam pekerjaan maupun pertemanan di luar dunia kerja”, ujar Handayani.

Pengalaman pekerjaan wanita bijaksana ini yaitu pernah menjadi Staf Data Analyze (Artaboga/OT), Sales Manager (Artaboga/OT), Head of Area (Inbisco Niagatama Semesta/Mayora), Sales Executive / Food Bussines Unit Head Semarang (Global Chemindo Megatrading / Kalbe). Pengalaman kerja Handayani yang terakhir dapat dilanjutkan hingga saat ini yaitu menjadi Food Bussines Unit Head Semarang di Kalbe.

“Bersungguh-sungguh, menikmati, menjalani setiap tahap perkuliahan karena waktu yang berlalu akan dirindukan tetapi tidak dapat kembali. Mempererat pertemanan antar civitas akademika karena sebagai makhluk social kita dapat lepas dari campur tangan orang lain dan hubungan link tersebut sangat berguna untuk kehidupan kedepannya (dunia kerja maupun masyarakat)”, tandas Handayani dalam memberi pesan kepada almamater dan mahasiswa Unika Soegijapranata.


Telah diterbitkan dalam buku “Profil 101 Alumni Unika Soegijpranata” dari hasil penjualan buku tersebut dipergunakan untuk beasiswa DUTA (Dukungan Kita)

buku terbitan   SCU Knowledge Media


Facebook Comments