Tuntutlah Ilmu di Setiap Waktu dan Carilah Keahlian di Setiap Kesempatan

November 19, 2020

imageArif Nur Arianto, S T.

Adalah alumni program studi Teknik Elektro Universitas Katolik Soegijapranata angkatan 1995 dan lulus tahun 2000. Pria yang akrab disapa Arif ini sudah mulai bekerja di Gapensi Semarang bagian sertifikasi bagi kontraktor sipil sebelum lulus dari Unika. Lalu setelah mendapatkan ijazah, Arif mulai melamar pekerjaan dan melakukan wawancara di beberapa perusahaan dan yang paling cocok baginya adalah PT Rimba Partikel Indonesia. Ia bekerja di sana sampai lebih dari 7 tahun. Setelah itu, Arif menikah lalu pindah ke Australia dan meninggalkan pekerjaan yang sudah mapan saat itu untuk memulai karirnya dari bawah lagi.

Meskipun tidak melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar doktor, Arif banyak mengikuti kursus yang sepenuhnya ditanggung oleh kantor tempatnya bekerja dan dari pemerintah Autralia, seperti English Course, First Aid Course, Fire Warden. Pria yang gemar bermain tenis lapangan, tenis meja, dan berenang ini memiliki motto hidup yaitu, ‘tuntutlah ilmu di setiap waktu dan carilah keahlian di setiap kesempatan’ karena selama masih bisa belajar dan mendapat keahlian harus digunakan sebaik-baiknya.

Sebelum bekerja dan menetap di Australia, Arif sempat bekerja di beberapa perusahaan sebelumnya di antaranya, PT Rimba Partikel Indonesia sebagai Senior Assistant of the Chief Electrical Engineering selama lebih dari 7 tahun yang berlokasi di Kendal. Selanjutnya, sebagai Electronic Assembly at Pool Control selama 3,5 tahun di Wangara-6065, Western Australia. Dan kini Arif bekerja sebagai Electronic Assembly Technician and Hardware Support Engineering di Malaga-6090, Western Australia. Perusahaan tempat ia bekerja saat ini menghasilkan produk mining simulator, dan berpusat di Perth, Western Australia yang juga memiliki kantor cabang di Jakarta, Canada, Chile, dan kota-kota lainnya. Arif telah bekerja di perusahaan ini sejak Februari 2012 dan bertahan sampai sekarang.

Adapun pengalaman dan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan di Unika khususnya jurusan Teknik Elektro bisa diterapkan dimana saja, karena basic atau dasarnya sama saja. Walaupun tidak aktif di organisasi semasa kuliah, bukan berarti kita tidak dapat sukses.

Terakhir, Arif berpesan bagi seluruh teman-teman mahasiswa dan almamater agar selalu tekun dan sabar, karena pekerjaan apa saja kalau ditekuni dengan baik pasti hasilnya akan baik juga.


Telah diterbitkan dalam buku “Profil 101 Alumni Unika Soegijpranata

buku terbitan   SCU Knowledge Media


Facebook Comments