Menjadi pribadi siap berkarya dan bermanfaat untuk sesama

November 19, 2020

imagePangarso Yoga Mutodo, SH

Menjadi pribadi siap berkarya dan bermanfaat untuk sesama, itu hal yang paling murah dan stoknya langsung dari Tuhan menjadi motto Pangarso Yoga Mutodo, salah satu alumni Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Komunikasi, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Saat ini Yoga menduduki jabatan sebagai Direktur Utama BPR Argo Dana Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Ia pun bercerita salah satu momen yang cukup membekas mengenai kehidupan perkuliahannya di Unika Soegijapranata. Ingatannya pun masih jelas tentang ruang kuliah yang rebutan pada saat gedung Unika masih di Pandanaran hingga pindah di gedung baru

“Kehidupan berorganisasi di Unika Soegijapranata yang membentuk pribadi saya sekarang ini, banyak nilai positif yang didapat seperti mental yang berani dan tanggung jawab, berani berbicara didepan umum, sportifitas, jujur, dan siap untuk menerima kritik serta keterampilan dalam membuat konsep atau menyusun ide-ide”Ujar Yoga.

Berkat pengalamannya, saudara-saudaranya pun mengikuti jejaknya untuk melanjutkan studi di Universitas Katolik Soegijapranata karena melihat perubahan yang ada dalam dirinya.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia bekerja sebagai tukang tagih/debt collector sejak tahun 1992 di kota Ambarawa. Kemudian dipindah kerjakan di Karang Jati pada tahun 1995 sebagai kepala kantor. Pada tahun 1999, ia diangkat sebagai Direktur Utama di BPR Argo Dana untuk wilayah Solo, Ungaran, Jawa Tengah, hingga saat ini. Mengenai posisinya saat ini, ia pun berujar bahwa tidak mudah hingga bisa mencapai posisi tersebut.

Ia pun berpesan pada para mahasiswa agar jangan lupa pada almamater. Ia juga menegaskan bahwa tahapan kehidupan ada fasenya, sehingga wajib berkarya apapun karyanya, yang penting berguna bagi sesama. Menurutnya, dengan melihat proses yang terjadi dalam dirinya, tentu Universitas Katolik Soegijapranata Semarang memberi arti tersendiri dan bisa dikatakan sebagai salah satu pondasi dari karier Yoga hingga saat ini.


Telah diterbitkan dalam buku “Profil 101 Alumni Unika Soegijpranata

buku terbitan   SCU Knowledge Media


Facebook Comments