English Bahasa Indonesia

Tentang Kami

About Us

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Soegijapranata Semarang merupakan integrasi dari dua lembaga yang sudah ada sebelumnya yaitu Lembaga Penelitian (Lemlit) dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM). Pengintegrasian ini dilaksanakan mulai Tahun Anggaran 2007/2008. Dengan pengintegrasian tersebut diharapkan kegiatan penelitian dapat berintegrasi dan bersinergi dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam arti luas. Hasilnya diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pengetahuan di bidang pengajaran.

Ada 6 (enam) area utama yang mendapat perhatian dalam rencana pengembangan LPPM Unika Soegijapranata. Keenam area tersebut adalah infrastruktur, ketahanan pangan, kemiskinan, pengembangan ekonomi kreatif, kelestarian lingkungan, dan pendidikan.

Untuk mencapai tujuan tersebut upaya yang telah dilakukan adalah melakukan integrasi dan sinergi penelitian dan pengabdian dengan batasan obyek penelitiannya. Diharapkan hasil penelitian pengabdian kepada masyarakat ini dapat diterapkan untuk pengembangan area tersebut. Namun demikian karena masih tahap awal, strategi ini belum dapat menunjukkan hasil yang optimal karena dosen masih menemui kesulitan untuk memformulasikan topic, obyek ,dan metode yang tepat. Dalam hal ini masih sangat perlu ditingkatkan kualitas sumber daya manusianya.

LPPM memiliki sejumlah Pusat Studi. Pusat Studi yang dimiliki saat ini adalah Pusat Studi Urban, Pusat Studi Wanita, Pusat Studi Eko Permukiman, Pusat Studi Lingkungan Manusia & Bangunan, Forum Doktor, dan The Java Institute.

Facebook Comments