Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

LPPM Unika Diseminasikan Hasil Penelitian dan Pengabdian Hasil Hibah Kemenristek-BRIN

image

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata mengadakan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat hibah dari Kemenristek-BRIN tahun 2020.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata, Cecilia Titiek Murniati mengatakan, diseminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat hasil hibah ini diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi para dosen untuk selalu melakukan pengembangan diri.

Pengembangan diri melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tak harus mengandalkan dana yang bersumber dari internal kampus semata. Akan tetapi bisa diperoleh dari eksternal di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.

"Dari universitas ingin agar kualitas dan kuantitas penelitian selalu naik terutama dari sisi pendanaan eksternal. Diseminasi hasil penelitian merupakan hal yang wajib dilakukan karena para peneliti wajib mengkomunikasikan hasil penelitiannya agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar," katanya dalam diseminasi yang digelar secara virtual, Selasa (2/1/2021).

Ia menuturkan, diseminasi hasil penelitian ini hendaknya juga ditindaklanjuti dengan diseminasi hasil penelitian internal karena tiap tahunnya ada sekitar 200 penelitian internal dan 250 lebih hasil pengabdian masyarakat.

"Ratusan penelitian internal dan pengabdian masyarakat itu memang harus didiseminasikan dan dikawal oleh LPPM," sambungnya.

Sementara, Kepala LPPM Unika Soegijapranata, Berta Bekti Retnawati dalam penjelasannya menyampaikan, Unika Soegijapranata mendapatkan pendanaan penelitian dan pengabdian dari Kemenristek-BRIN tahun anggaran 2020 sebanyak 34 yang terdiri dari 33 penelitian dan satu pengabdian.

"Namun karena adanya kebijakan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19, maka dari 34  tersebut yang direalisasi tahun anggaran 2020 hanya sebanyak 30. Sedangkan empat penelitian lainnya masuk di tahun anggaran 2021," terang Berta.

Dari 30 yang dikerjakan itu, satu di antaranya berupa pengabdian masyarakat dari Ristek-BRIN tahun anggaran 2020. Dan dari jumlah tersebut yang sudah selesai adalah 21 penelitian dan pengabdian tahun ini yang didiseminasikan kali ini.

Ia menerangkan, diseminasi sendiri adalah untuk memberi informasi selama periode penelitian atau pengabdian. Informasi itu meliputi apa yang sudah dikerjakan, mulai dari prosesnya hingga hasilnya, dengan tetap menjaga kualitas dan juga kuantitasnya.

"Hal tersebut sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai peneliti dan pengabdi. Apa yang sudah kita kerjakan dan juga kita mendapatkan pendanaan maka kita bertanggung jawab kepada pemberi dana," jelasnya.

Tujuan lain dari diseminasi, lanjutnya, adalah menularkan ilmu dan memberikan atmosfir agar semua dosen mendapatkan semangat untuk membuat proposal. Sebagaimana yang dipertimbangkan dalam kinerja di Unika salah satunya adalah hibah Direktorat Riset Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DRPM).

Sumber:  https://jateng.tribunnews.com/2021/02/02/lppm-unika-diseminasikan-hasil-penelitian-dan-pengabdian-hasil-hibah-kemenristek-brin.

berita serupa:

https://jateng.tribunnews.com/2021/02/02/lppm-unika-diseminasikan-hasil-penelitian-dan-pengabdian

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Kamis Putih 

#KamisPutih
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Seru banget nih, lomba Mathematic Logic Competition 2024 yang diikuti dari berbagai pelajar SMA/SMK/Sederajat tingkat Pulau Jawa, sampai membekas di hati salah satu peserta gara-gara mbak MC. hihihi 🤭 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#TeknikInformatika
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Ayoooookk!!!! Gak usah ragu! Karena kamu bisa dapetin berbagai macam beasiswa masuk tanpa tes dengan benefit biaya kuliah semester yang udah include semuanya lho. Share ke temen-temen kamu informasi ini yaa. Kalau mau konsultasi lebih lanjut  DM mimin ya 😍

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message