English Bahasa Indonesia

Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) 2019

Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) 2019

September 18, 2019 – September 19, 2019

 

TEMA

“Keterlibatan Sinergis Perguruan Tinggi Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat”

 

LATAR BELAKANG

Upaya untuk mendukung pemerintah dalam peningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan masyarakat Indonesia dapat dilakukan oleh dosen melalui program pengabdian kepada masyarakat melalui perguruan tinggi tempat dosen tersebut bernaung dan berkarya. Pengabdian kepada masyarakat sendiri merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi yang menjadi tugas utama dari seorang dosen. Hasil-hasil karya intelektual dosen dan mahasiswa perlu diaplikasikan dan didedikasikan untuk masyarakat luas. Melalui program pengabdian kepada masyarakat, civitas akademika perguruan tinggi dapat bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat dalam berbagai bidang untuk peningkatan kualitas hidup serta kesejahteraan masyarakat.

Peran nyata perguruan tinggi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan melalui berbagai program pengabdian kepada masyarakat. Sejauh ini, sinergitas antara perguruan tinggi dan masyarakat yang baik telah banyak membantu masyarakat meningkatkan kulitas hidup dan kesejahteraan mereka baik di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, pertanian, serta banyak bidang lain. Untuk itu, hasil-hasil kerja sinergitas ini perlu didesiminasikan sehingga pemerintah, masyarakat Indonesia serta perguruan tinggi dapat semakin memantapkan program-program sinergi dalam kerangka pengabdian kepada masyarakat di waktu yang akan datang. Di samping itu, diseminasi hasil-hasil program pengabdian kepada masyarakat ini juga diharapkan dapat memberikan pencerahan untuk tindak lanjut yang dapat dilakukan di waktu yang akan datang.

Berdasarkan apa yang telah dipaparkan di atas, maka melalui sinergi lima perguruan tinggi yaitu Universitas Katolik Atmajaya Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, Universitas Kristen Maranatha Bandung, Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta serta Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang tergabung dalam Sendimas telah menyelenggarakan tiga seminar nasional pengabdian kepada masyarakat sejak tahun 2016. Pada tahun yang ke-4 yaitu 2019, akan diadakan Seminar Nasional Sendimas yang mengangkat Tema “Keterlibatan Sinergis Perguruan Tinggi Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat”. Kata kunci keterlibatan sinergis kiranya dapat menjadi tali penghubung antara pemerintah, masyarakat, dan kaum intelektual yang ada di peguruan tinggi yaitu bahwa dengan sinergitas positif antara tiga elemen ini akan ada banyak hal positif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.  Peningkatan kualitas hidup dalam berbagai aspek kehidupan akan mengantar Indonesia menuju negara maju yang siap bersaing secara global. Diharapkan seminar ini dapat menjadi wadah bagi para dosen untuk mendesiminasikan hasil kerja sinergis dosen, perguruan tinggi dan masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan Seminar Nasional Sendimas ke-4 ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada para dosen di Indonesia untuk mendeseminasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat serta menumbuhkan inspirasi untuk melakukan berbagai program pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

NARA SUMBER

  • Keynote Speaker : Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan)*
  • Pembicara Praktisi : Harjanto Halim (Direktur PT Marifood)
  • Pembicara Akademisi : Prof. Dr. Budi Widianarko, MSc (Guru Besar FTP – Unika Soegijapranata)

 

TANGGAL PENTING

Penerimaan makalah lengkap : 15 Juni 2019
Pengumuman makalah yang lolos seleksi : 15 Juli 2019
Early bird payment : 31 Juli 2019
Regular Payment : 15 Agustus 2019
Pelaksanaan Seminar : 18 September 2019
City tour : 19 September 2019

 

KELOMPOK BIDANG

  1. Inovasi dalam peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat
  2. Inovasi dalam pemberdayaan masyarakat berbasis kreativitas
  3. Inovasi dalam penerapan teknologi tepat guna
  4. Inovasi dalam penyuluhan dari berbagai bidang ilmu
  5. Inovasi dalam pelestarian lingkungan hidup
  6. Inovasi dalam memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa

 

TEMPLATE MAKALAH

Makalah harus dituliskan dalam format 2 (dua) kolom dengan spasi antara kolom adalah 4,22 mm dan jumlah 5-10 halaman termasuk Daftar Pustaka.
Anda dapat mengunduh format makalah sendimas 2019 pada tautan berikut:Template_Makalah_Sendimas_2019

 

PAPER SUBMISSION

Anda diharuskan untuk melakukan otentikasi terlebih dahulu agar dapat mengunggah makalah Anda. Jika Anda belum memiliki akun, berikut tautan untuk melakukan proses registrasi
Berikut dokumentasi Panduan Registrasi & Paper Submission Paper: download

 

KONTAK KAMI

Ibu Branita : 085743808527

 

LOKASI SEMINAR

Gedung Thomas Aquinas Universitas Katolik Soegijapranata
Ruang Theater, Lt 3
Jl. Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Dhuwur
Semarang

 

BIAYA PENDAFTARAN

  • Early bird : Rp 600.000,- (batas 31 Juli 2019)
  • Reguler : Rp 700.000,- (1-15 Agustus 2019)
  • Internal Unika Soegijapranata: special price

Fasilitas : best paper reward, conference-kit, e-proceeding, e-certificate, lunch, coffee break, city tour

 

CITY TOUR

Peserta Seminar akan diajak mengunjungi Desa Kandri Gunung Pati Semarang yang merupakan salah satu wilayah dampingan program KKU (Kuliah Kerja Usaha) yang dikelola LPPM Unika Soegijapranata . Desa Kandri berada di Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang dan merupakan desa yang masih alami dengan pemandangan alam serta keindahannya. Desa ini merupakan desa wisata karena mempunyai banyak potensi mulai dari alam sampai dengan budaya aslinya yang masih dilestarikan. Terdapat juga kerajinan batik, sulam, kuliner tradisional, serta budidaya akuaponik. Selain itu, ada juga beberapa tempat wisata terkenal di Desa kandri salah satunya adalah Goa Kreo dan Waduk Jatibarang, serta rumah pintar.

 

 

Conference Information

Presentations

Facebook Comments