English Bahasa Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Melepas KKN Unika Soegijapranata ke Beberapa Kabupaten di Jawa Tengah

KKN unika Sugiyapranata ini memberangkatkan 705 mahasiswa dan 15 dosen pembimbing lapangan (DPL) ke tiga kabupaten di jateng, yakni Kabupaten Grobogan ada dua kecamatan Gubug dan Tegowano, kabupaten Kendal di kecamatan Pagaruyung serta Kabupaten Banjarnegara di kecamatan Punggelan.

6 prioritas yang diutamakan dalam KKN ini adalah ketahanan dan kedaulatan pangan, pengembangan ekonomi kreatif/umkm, pengembangan infrastruktur, pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas pendidikan dan sdm, serta pelestarian lingkungan

Wakil rektor 1 Unika mengatakan, Mahasiswa diminta menggunakan talenta masing – masing untuk memberdayakan masyarakat desa agar pembangunan manusia di desa bisa terwujud serta dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Tema KKN transformasi inspiratif ini memiliki makna bahwa mahasiswa dituntut mampu mengubah masyarakat desa dalam arti pembangunan fisik dan non fisik menuju ke arah yang lebih baik.

Gubernur Ganjar Pranowo, SH.MIP berharap mahasiswa bisa memberikan pikiran dan ilmu pengetahuannya untuk memberikan solusi permasalahan yang ada di desa, misalnya transparansi dan pengelolaan dana desa, demokrasi di tingkat desa, minimnya jambanisasi, infrastruktur, pernikahan dini, putus sekolah, dan kekerasan dalam rumah tangga dan anak.

KKN ini juga diharapkan bisa berkesinambungan dengan kkn dimasa yang akan datang sehingga hasil dari yang dikerjakan oleh mahasiswa bisa berjalan dengan lebih baik lagi setiap tahunnya.

Kabupaten Grobogan
Kecamatan Gubug 59 mahasiswa
Kecamatan Tegowanu (18 desa) 257 mahasiswa.

Kabupaten Kendal
Kecamatan Pagaruyung (14 desa) sudah memasuki tahun keempat 281 mahasiswa

Kabupaten Banjarnegara
Kecamatan Punggelan (6 desa) penunjukan dari bapperlitbang jateng 108 mahasiswa Dpl 18 orang.

Kontributor : be

Editor : Puji_Leksono

 

Facebook Comments