English Bahasa Indonesia
Misa Harian setiap hari Senin-Jumat pukul 12.00 di Kapel Unika Soegijapranata

UKM Gratia Voice

Gratia Voice merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang seni tarik suara (vocal group). Gratia Voice pertama kali dibentuk pada Februari tahun 2011 dan ditujukan untuk mengikuti lomba Peksimida (Pekan Seni Mahasiswa Daerah) Jawa Tengah. Anggota pertamanya terdiri dari 6 perempuan yang merupakan anggota Gratia Choir yang telah lebih dulu terbentuk. Pada awalnya, anggota di perbolehkan untuk mengikuti kedua UKM baik Gratia Voice maupun Choir namun memasuki tahun 2012, mereka di minta untuk memilih salah satu saja di karenakan jadwal latihan yang bertabrakan.

Dari tahun 2011 sampai 2015, jumlah anggota keseluruhan berkisar 18 orang, berbeda dengan tahun 2017 dimana jumlah anggota aktif sebanyak 28 orang. Gratia Voice menerima mahasiswa Unika Soegijapranata dari fakultas apapun. Untuk menjadi anggota, mahasiswa perlu melewati beberapa seleksi yang diberikan oleh pelatih dan senior-senior.

Tahap pertama, mahasiswa akan di wawancara perihal motivasinya mengikuti Gratia Voice dan kehidupan sehari-harinya seperti tempat tinggal, transportasi untuk ke kampus, jam malam di rumah atau di kos. Hal ini diperlukan untuk mengatur jadwal latihan agar bisa menyesuaikan semua anggota.

Tahap kedua, mahasiswa diminta untuk menyanyikan lagu bebas yang telah di siapkan di rumah. Setelah menyanyi, mahasiswa di minta untuk membaca not yang ada di papan tulis dan diharapkan mereka dapat membaca ketukan dan nadanya dengan benar. Tidak hanya itu, mahasiswa juga di minta untuk mengikuti ketukan dan tempo dengan cara mengikuti tepukan tangan pelatih dengan benar. Kemudian mereka di minta untuk menyanyikan tangga nada untuk mengetahui tipe suara masing-masing. Dalam Gratia Voice terdapat 4 tipe suara yaitu bass untuk laki-laki dengan suara rendah, tenor untuk laki-laki dengan suara tinggi, alto untuk perempuan dengan suara rendah, mezzo sopran untuk perempuan dengan suara tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi (sedang), sopran untuk perempuan dengan suara tinggi.

Tahap ketiga, mahasiswa diminta untuk mendengarkan sebuah lagu dan membuat gerakan atau koreografi ringan dari lagu tersebut. Hal ini diperlukan untuk melihat seberapa mampu mahasiswa membuat gerakan atau mengikuti gerakan yang mendukung performance menyanyi.

Tahap keempat, mahasiswa diminta untuk menggambarkan desain baju sederhana. Hal ini diperlukan untuk melihat potensi mahasiswa yang berpeluang untuk mendesain baju ketika akan lomba.

Tahap kelima, mahasiswa ditanyai seputar alat make up (tata rias) dan diminta untuk melakukan make up sederhana. Tahap ini diberikan bagi laki-laki maupun perempuan. Hal ini merupakan hal penting karena dalam menampilkan sebuah lagu, tentu penonton akan melihat penampilan fisik dari para penyanyi. Penting bagi para laki-laki dan perempuan untuk terlihat menarik dan cantik serta tampan. Pada pria, make up yang diperlukan hanya berkisar bedak dan sedikit lipgloss di bibir. Jika semua tahap telah dilewati, para senior dan pelatih akan berunding. 80 persen penilaian difokuskan pada kemampuan menyanyi sedangkan menari, make up, dan mendesain merupakan bonus dan bisa di ajarkan seiring dengan waktu, berbeda dengan kemampuan menyanyi yang tidak mudah untuk dirubah.


Kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh Gratia Voice antara lain :

  1. Latihan rutin yang diadakan 2 kali dalam seminggu dan jadwalnya di sesuaikan dengan jadwal kuliah anggota-anggotanya. Latihan rutin ini memakan waktu 2 jam. Latihan rutin bisa latihan dengan pelatih ataupun latihan mandiri (jika pelatih berhalangan hadir)
  2. Job atau mengisi nyanyi di acara-acara baik dalam kampus atau luar kampus. Job dalam kampus bisa di dapat dari acara universitas ataupun acara fakultas seperti Dies Natalis Unika, wisuda, acara olahraga, FAD Fest (acara dari fakultas), dll. Job di luar kampus bisa meliputi misa arwah, pernikahan, peresmian tempat, ulang tahun, ulang tahun pernikahan, acara natal di perusahaan, dll.
  3. Pembuatan album setiap 2 tahun sekali. Album biasa di rilis bulan Desember dan berisi lagu-lagu Natal baik nasional maupun internasional.
  4. Lomba Peksimida Jawa Tengah. Ini merupakan lomba yang diadakan 2 tahun sekali yang selalu menjadi project bagi Gratia Voice. Pemenang Peksimida akan mewakili Jawa Tengah ke ajang Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) dan bersaing dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia.
  5. Makrab (Malam Keakraban) bersama dengan Gratia Choir. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 hari, 1 malam yang terdiri dari beberapa sesi, games, outbond, dll. Tujuannya adalah meningkatkan persatuan antara Gratia Voice dan Gratia Choir sebagai UKM yang bersaudara.
  6. Karantina Fun yaitu malam keakraban khusus anggota Gratia Voice. Dalam Karantina Fun, para anggota Gratia Voice diberikan wejangan dan motivasi untuk menghadapi event besar mendatang seperti lomba Peksimida ataupun konser Gratia Voice. Selain itu melalui kegiatan ini, para anggota menjadi semakin peduli dan sayang dengan sesama anggota.
  7. Konser Gratia Voice. Konser ini baru diadakan satu kali pada Mei 2017 dengan konsep drama musikal.

Dan masih banyak kegiatan lain.


Susunan organisasi dalam Gratia Voice adalah sebagai berikut :

3 pengurus utama adalah ketua yang dibantu sekretaris dan bendahara.

3 pengurus utama inilah yang menentukan siapa saja yang akan menjadi pengurus lain yang terdiri dari

  1. Sie latihan : terdiri dari 2 orang yang bertugas menghubungi pelatih, menyiapkan partitur menyanyi, ruangan latihan, dan perangkat latihan seperti keyboard atau alat musik lain.
  2. Sie job : terdiri dari 2 orang yang bertugas menerima dan mengadakan negoisasi job serta memilih koordinator masing-masing job, memastikan waktu, tempat, dan tanggal job, mengkomunikasikan tawaran job kepada 3 pengurus utama.
  3. Sie humas : terdiri dari 1 orang yang tergabung dalam group line BEMU dan menyalurkan informasi dari BEMU kepada semua pengurus. Selain itu, jika ada pihak yang menanyakan perihal Gratia Voice, humas dapat memberikan informasi yang tepat ataupun memberikan kontak ketua kepada pihak tersebut.
  4. Sie koreografi : terdiri dari 2 orang yang bertugas membuat formasi dan gerakan untuk penampilan Gratia Voice di berbagai event.
  5. Sie make up : terdiri dari 1 orang yang bertanggungjawab membawa peralatan make up milik Gratia Voice dan melaporkan pada 3 pengurus utama apabila ingin memperbaharui peralatan make up yang mungkin sudah habis atau rusak.
Facebook Comments