Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi, lahir tahun 2013, bagian dari Fakultas Hukum dan Komunikasi. Banyak yang kira, kuliah ilmu komunikasi itu cuma belajar ngomong, bawa tote bag, lulus. Padahal, kami punya segudang bekal buat masa depan kamu loh, mulai dari kemampuan public speaking, lobi negosiasi, copywriting, jurnalistik, dasar-dasar fotografi, dan masih banyak lagi sampai kemampuan berbicara yang relevan sesuai tuntutan perkembangan jaman.

Visi

Menjadi program studi rujukan di tingkat nasional pada tahun 2030 dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi bidang komunikasi yang etis, humanis, kreatif dan berwawasan lokal-global dengan berlandaskan nilai-nilai Kristiani.

Misi

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang komunikasi yang berlandaskan nilai etis, humanis, kreatif, dan berwawasan lokal-global.
  2. Mengelola program studi berdasarkan prinsip kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab dan adil, serta melaksanakan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan.
  3. Mengembangkan kerja sama dan kemitraan di tingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan

  1. Menghasilkan  lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi bidang komunikasi berlandaskan nilai-nilai etis, humanis, kreatif dan berwawasan lokal-global.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang komunikasi yang bermanfaat social.
  3. Mewujudkan tata kelola program studi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan adil melalui sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan.
  4. Mewujudkan kerja sama dan kemitraan yang berkelanjutan di tingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Akreditasi

Program Sarjana Ilmu Komunikasi telah memperoleh akreditasi “Unggul” dan Soegijapranata Catholic University juga telah memperoleh akreditas “Unggul” dari Badan Akreditas Nasional.

Mana yang Kamu Banget

Komunikasi Publik dan Strategis

Kamu tertantang banget buat belajar pertahanin citra dan hubungan harmonis suatu lembaga/instansi/perusahaan dengan publik/masyarakat. Kamu risih kalo kebanyakan miskomunikasi, sampe-sampe kamu pengen belajar cara mengatasi krisis komunikasi dan mendesain proses komunikasi yang paling pas diterapin biar pesan antara pengirim pesan dan penerimanya tersampaikan dengan sempurna.

Atau, kamu medsos banget. Kamu pengen jadi content creator, public speaker, ataupun copywriter. Itu artinya konsentrasi Komunikasi Publik dan Strategis ini kamu banget, karena kamu bakal dapet banyak teori dan praktik komunikasi yang relevan dan sesuai minat kamu.

Jurnalisme dan Industri Media

Kamu tipe yang suka banget bikin analisis media yang kritis dan kompeten, misalnya riset komunikasi, litbang atau riset kampanye politik melalui lembaga survei atau media massa. Kamu juga pengen banget jadi profesional untuk industri di media cetak, elektronik dan media sosial. Terus kamu bosen banget sama headline berita yang ga nyambung sama isinya atau eneg banget sama hoax di media sosial sampe-sampe kamu pengen jadi orang yang bisa ubah semua situasi itu ke arah yang lebih baik. Hey jurnalis, ahli media masa depan! Konsentrasi Jurnalisme dan Industri media ini kamu banget! Konsentrasi ini udah siapin banyak bekal yang pas buat minat kamu.

Mana yang Kamu Banget

Komunikasi Publik dan Strategis

Kamu tertantang banget buat belajar pertahanin citra dan hubungan harmonis suatu lembaga/instansi/perusahaan dengan publik/masyarakat. Kamu risih kalo kebanyakan miskomunikasi, sampe-sampe kamu pengen belajar cara mengatasi krisis komunikasi dan mendesain proses komunikasi yang paling pas diterapin biar pesan antara pengirim pesan dan penerimanya tersampaikan dengan sempurna.

Jurnalisme dan Industri Media

Kamu tipe yang suka banget bikin analisis media yang kritis dan kompeten, misalnya riset komunikasi, litbang atau riset kampanye politik melalui lembaga survei atau media massa. Kamu juga pengen banget jadi profesional untuk industri di media cetak, elektronik dan media sosial. Terus kamu bosen banget sama headline berita yang ga nyambung sama isinya atau eneg banget sama hoax di media sosial sampe-sampe kamu pengen jadi orang yang bisa ubah semua situasi itu ke arah yang lebih baik. Hey jurnalis, ahli media masa depan! Konsentrasi Jurnalisme dan Industri media ini kamu banget! Konsentrasi ini udah siapin banyak bekal yang pas buat minat kamu.

Prospek Masa Depan

Instansi/Kantor/Lembaga

Fleksibel dan Kreatif

Daftar Disini