English Bahasa Indonesia
Misa Harian setiap hari Senin-Jumat pukul 12.00 di Kapel Unika Soegijapranata

Digitizing Art and Commerce

Unika Soegijapranata baru-baru ini meluncurkan program S-1 Digital Performing Arts dan program S-1 E-Commerce Technology, yang merupakan jawaban dari tantangan perkembangan teknologi digital dalam era disruptif sekarang ini. Pengembangan program ini dilakukan untuk lebih mempersiapkan SDM Indonesia dalam menghadapi tuntutan zaman yang semakin cepat dan inovatif namun dengan tetap berpegang konteks pendidikan dan konteks ekonominya, sekaligus value-value yang ingin Unika kembangkan.

Program Digital Performing Arts dapat menjadi pilihan bagi anak-anak muda yang kreatif dan akrab dengan teknologi. Program ini merupakan pengayaan dari Fakultas Bahasa dan Seni yang menggabungkan dunia pendidikan dan dunia hiburan serta dirancang untuk menjawab kebutuhan pasar akan lulusan yang fasih berbahasa Inggris sekaligus trampil menghasilkan karya seni pertunjukan yang berbasis teknologi digital. “Yang membedakan program ini dengan program serupa di universitas lain adalah titik berat program ini pada karya seni pertunjukan (performing arts) yang memanfaatkan teknologi digital. Oleh karena itu, proses belajar di program ini akan terdiri dari praktikum dan praktek yang menggunakan peralatan dan program digital. Praktek mahasiswa akan sekaligus menjadi bagian dari portofolio mahasiswa yang merupakan bekal bersaing dalam bisnis dan dunia kerja,”tutur Angelika Riyandari, Ph.D yang saat ini masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika.

Sedangkan menurut Dr. Bernardinus Harnadi dari Fakultas Ilmu Komputer, program E-Commerce Technology mempelajari teknologi informasi yang dipakai untuk pengembangan bisnis digital, termasuk di dalamnya pengelolaan konten-konten bisnis, sistem pembayaran berbasis Fintech (financial technology), dan rantai pasokan (supply chain). Selain itu, juga didukung pemahaman hukum dan pajak yang memungkinkan mahasiswa untuk memahami transaksi dan operasi bisnis yang legal dan terintegrasi dengan perusahaan. Penyelarasan aktivitas bisnis dengan keunggulan Teknologi Informasi membawa dampak yang luar biasa, baik dalam hal kinerja usaha yang makin meningkat ataupun memperbesar nilai tambah (value added) bagi perusahaan maupun konsumennya. Dengan makin berkembangnya aplikasi bisnis di bidang teknologi finansial (Fintech), E-commerce menjadi makin lebih mudah dan menjanjikan. Lulusan program E-commerce diharapkan akan mampu menjadi pengembang, wirausahawan, atau konsultan di bidang bisnis online.

Perkuliahan kedua program ini akan dimulai pada tahun ajaran 2018/2019, di bulan September 2018. Sedangkan untuk pendaftaran, dapat mulai dari saat ini hingga bulan Juli tahun 2018 melalui alamat http://pmb.unika.ac.id/.

Facebook Comments