English Bahasa Indonesia
Misa Harian setiap hari Senin-Jumat pukul 12.00 di Kapel Unika Soegijapranata

UKM Capoeira

clip_image002


Sejarah UKM

Berawal dari 2 mahasiswa Universitas Katholik Soegijapranata yang tergabung di salah satu komunitas Capoeira di Semarang. Mereka ingin terus berlatih dan mempelajari tentang Capoeira, karena di Universitas Katholik Soegijapranata belum ada UKM tersebut, akhirnya mereka mencoba untuk mengusulkan UKM Capoeira kepada pihak universitas. Akhirnya Capoeira pada tanggal 9 September 2011 terbentuk sebagai Pra UKM, pada saat itu pengenalan pertama dengan membuat acara workshop Capoeira untuk mengenalkan Capoeira kepada mahasiswa, sejak itu beberapa mahasiswa mulai mengerti dan tertarik dengan Capoeira. Seiring waktu berjalan mahasiswa mulai bertambah sedikit demi sedikit, namun banyak juga yang keluar masuk, sehingga beberapa mahasiswa memutuskan untuk membuat rencana UKM agar lebih terikat dan terstruktur.

Selama setahun berlatih dan diuji layak tidaknya menjadi UKM, akhirnya pada tanggal 9 September 2012, pihak universitas meresmikan UKM Capoeira beserta kepengurusan periode tersebut. Dengan diresmikannya UKM Capoeira ini menjadi motivasi bagi para Capoeirista untuk mengembangkan diri disegala bidang. Performance Capoeira pertama kali dilakukan di Lapangan Basket UNIKA pada saat acara yang diselenggarakan pihak universitas. Tidak hanya itu, UKM Capoeira juga performance di berbagai acara baik acara internal maupun eksternal kampus.

Acara besar yang berhasil diselenggarakan oleh UKM ini adalah dengan mengadakan workshop Capoeira yg mendatangkan 4 instruktur Capoeira Cordao de Ouro Indonesia pada bulan Mei 2016.


Visi dan Misi

Visi :

UKM Capoeira Cordao de Ouro Indonesia adalah seni bela diri Capoeira dengan bermodalkan mental fisik dan emosional yang kuat berlandaskan nilai Ketuhanan, mengeksplorasi talenta, membentuk pribadi kreatif, dan berbela rasa.

Misi :

  • Sebagai wadah mengembangkan potensi bakat dalam diri.
  • Meningkatkan rasa percaya diri, melatih mental, fisik, dan emosional.
  • Melatih kerja sama dalam keanggotaan.
  • Sebagai sarana pengekspresian diri secara positif, kreatif, dan percaya diri.


Struktur Organisasi

image


Jadwal Latihan

Jadwal latihan rutin UKM Capoeira yaitu pada hari :
Selasa (18.30-20.30) di Selasar Gedung Thomas Aquinas,
Jumat (18.30-20.30) di Sporthall.


Prestasi

Untuk saat ini belum ada prestasi yang dicapai, karena Capoeira belum menjadi olahraga prestasi/kejuaraan

Facebook Comments