English Bahasa Indonesia

Kelasku Tanpa Tembok

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona di lingkungan pendidikan dan mengikuti anjuran pemerintah daerah, maka pada tanggal 16 Maret 2020 Unika Soegijapranata memutuskan untuk langsung menjalankan kuliah daring secara menyeluruh untuk semua fakultas, yang telah disiapkan bahkan sebelum masa pandemi Covid-19.

Sejak tahun 2011, Unika Soegijapranata telah menyiapkan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle dengan didukung sosialisasi, pelatihan, dan penerapan langsung pada saat kuliah tatap muka. LMS ini direvitalisasi dan menggunakan alamat baru cyber.unika.ac.id pada tahun 2014 dengan memanfaatkan fitur Single Sign On (SSO) dan berbagai fitur yang dibutuhkan dalam e-learning.

Pada akhir tahun 2017, Cyber Learning diperkaya dengan fitur video conference (untuk tatap muka virtual), anti-plagiasi (untuk tugas), gamifikasi (penerapan konsep game dalam aktivitas belajar), kerja kelompok, dan lain-lain. Sehingga membuat Cyber Learning bukan hanya untuk pengganti kuliah tatap muka semata, tetapi juga memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih kaya dengan berbagai variasi pelayanan kuliah daring yang maksimal.

Kesiapan pembelajaran daring secara tersistem dan komprehensif di Cyber Learning ini yang menjadi alasan pemanfaatan cyber.unika.ac.id pada saat kuliah tatap muka tidak lagi dimungkinkan di masa pandemi Covid-19. Killer-application di dalam Cyber Learning yang diakui banyak membantu pada masa pembelajaran daring adalah fitur BigBlueButton yang menjembatani video conference, baik kuliah, bimbingan tugas akhir, ujian tugas akhir, maupun webinar. Keberadaan koneksi Vicon berbasis Jitsi dan Google Meet semakin melengkapi.

Keberadaan portal Cyber Learning yang dibangun di dalam kampus sangat memperlancar aktivitas perkuliahan di kampus ini selama masa pandemi Covid-19. Kesiapan infrastruktur tersebut memungkinkan Unika Soegijapranata memilih jenis “synchronous learning” dalam pembelajaran daring, yaitu dosen secara langsung berinteraksi dengan mahasiswa sesuai jadwal kuliah yang ditentukan. Kuliah daring yang sama konsistennya dengan kuliah sebelum masa pandemi, merupakan bagian dari penjaminan mutu untuk memastikan mahasiswa tetap mendapatkan haknya dalam mendapatkan pengetahuan secara maksimal. Sekaligus membuktikan bahwa kuliah daring dapat lebih kaya, tetap interaktif, dan setara mutunya dengan kuliah tatap muka sebelum pandemi.

#CyberLearningUnika #KuliahDaringBukanKalengKaleng #SynchoronusLearning #Borderless .

Kuliah daring tetap asyik bagi mahasiswa non-komputer? Kenapa tidak?

.

Facebook Comments