English Bahasa Indonesia

The Best Version of You @Unika

Menjadi pribadi yang baik dan berdampak bagi masyarakat menjadi keinginan setiap dari kita. Namun menjadi pribadi yang baik tidak harus menjadi duplikat dari orang lain atau menjadikan diri kita sebagai pribadi yang berbeda. Di Unika Soegijapranata, mahasiswa merupakan pribadi yang bebas dalam mengembangkan talentanya secara maksimal… tanpa harus menjadi orang lain, bebas menjadi dirinya sendiri 

Versi terbaik dari kamu (the best version of you) dapat dikembangkan melalui berbagai kesempatan mengekspresikan talenta di banyak kegiatan kampus UNIKA Soegijapranata, yaitu melalui kegiatan akademik, kegiatan minat dan bakat, kegiatan kewirausahaan, dan kegiatan organisasi kemahasiswaan. 

Aktualisasi Talenta

Di kampus Unika, kegiatan minat dan bakat berfokus pada pengembangan talenta melalui 22 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yang menjadi wadah dalam mengaktualisasikan talenta setiap mahasiswa, antara lain bidang olahraga (basket, badminton, karate, bridge, tenis, sepakbola, futsal, capoeira), seni (tari, orkestra, paduan suara dan vocal group), serta kelompok peminatan (pers mahasiswa, radio & televisi, menwa, pecinta alam, racana, echo life, kopma, debat, korps suka relawan).

Pengembangan talenta tersebut dimulai sejak awal perkuliahan, pada saat mahasiswa mulai saling berkenalan dan mendaftar UKM di acara Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB). Setiap UKM mempunyai pendamping dan pelatih yang profesional dan siap mengakomodasi pengembangan talenta mahasiswa.

Kegiatan dalam organisasi mahasiswa lainnya yang juga menjadi wadah aktualisasi adalah kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Senat Mahasiswa baik di tingkat Universitas maupun Fakultas. Melalui dinamika berorganisasi, mahasiswa belajar untuk mengembangkan potensi kepemimpinan, berpikir kritis dan berorganisasi. Kegiatan yang diikuti antara lain latihan kepemimpinan, forum diskusi, pelatihan, dan pengabdian masyarakat.

Fasilitasi Talenta

UNIKA Soegijapranata memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Beberapa UKM yang telah menunjukkan prestasinya, antara lain Gratia Choir (paduan suara), Kembang Taru (seni tari) dan Soegijapranata Debate Society. Pada tahun 2019, Gratia Choir mempersembahkan 7 medali emas dari kegiatan kompetisi internasional di Spanyol dan Praha, serta 4 medali emas di kancah nasional. Begitu pula dengan UKM olahraga, yaitu basket, karate, sepakbola dan tenis mempersembahkan beberapa medali di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa tingkat rayon, tingkat daerah dan bahkan sampai nasional.

Penghargaan berupa beasiswa diberikan kepada mahasiswa berprestasi untuk mendukung finansial perkuliahan, antara lain Beasiswa Penuh Basket dan Sepak Bola, Beasiswa Kompas Avian dan Beasiswa Yayasan Sandjojo. Diharapkan hal ini dapat mendorong mahasiswa berprestasi, khususnya yang tidak mampu, untuk terus mengembangkan potensi diri sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

Inkubator Bisnis

Pengembangan talenta lainnya juga dapat ditemukan dalam kegiatan kewirausahaan mahasiswa. Dalam wadah Center for Student Entrepreunership (CSE), mahasiswa didampingi oleh para mentor dan coach untuk mengembangkan talenta kewirausahaan. Saat ini CSE telah beranggotakan lebih dari 200 mahasiswa, dan tiap mahasiswa mempunyai produk unggulan yang dikembangkan, antara lain aneka makanan siap saji serta aksesoris dan souvenir. Kegiatan workshop, seminar dan expo secara rutin diadakan untuk lebih mengasah kemampuan kewirausahaan mahasiswa.

Di dalam lingkungan yang subur dan kondusif, mahasiswa diharapkan dapat menjadi pribadi yang berkualitas, kreatif, kritis, peduli, visioner, dan tangguh di masa mendatang. Be the best version of you.
 

Baca juga: Banyaknya Prestasi Yang Berhasil Diraih, Pemeringkatan Kemahasiswaan Unika Kini Berada di Level Dua ( http://news.unika.ac.id/2019/11/banyaknya-prestasi-yang-berhasil-diraih-pemeringkatan-kemahasiswaan-unika-kini-berada-di-level-dua/ )

Quote

Facebook Comments