English Bahasa Indonesia

Masuki Purna Tugas, Dosen Unika Soegijapranata Dibuatkan Buku

image

Fakultas Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata membuatkan sebuah buku berjudul ‘Sociolinguistics in The Journey of Time’ bagi mantan Dekan Drs Yoseph Edmundus Budiyana yang memasuki purna tugas. Seremoni digelar di ruang Teater gedung Thomas Aquinas Lantai 3 Unika Soegijapranata, Rabu (4/12/2019) dengan tajuk Book Launching  &  Tribute to Drs YE Budiyana MA.

Buku tersebut berisi jurnal dan intisari skripsi mahasiswa-mahasiswa Fakultas tersebut yang pernah diampu atau diajar oleh Budiyana.

Editor buku tersebut Antonius Suratno mengatakan pemberian buku didasari agar ada tradisi akademis di fakultasnya. Maka apabila ada pengajar yang purna tugas, akan dibuatkan sebuah buku.

Sifatnya kenang-kenangan yang akademis. Buku kami rasa akan menjadi kenang-kenangan yang bermakna bagi dunia akademik, jelasnya.

Antonius mengungkapkan proses pembuatan buku tersebut dimulai dua bulan yang lalu dengan cara menyeleksi skripsi dan jurnal mahasiswa fakultas tersebut yang diuji oleh Budiyana.

Setelah terkumpul beberapa yang sesuai dengan tema sosiolinguistik, kami mengedit skripsi tersebut menjadi bentuk artikel agar mudah dipahami, jelasnya.

Tak hanya berisi jurnal dan skripsi saja, tetapi buku itu berisi jurnal tentang sosiolinguistik yang dibuat oleh sesama dosen Fakultas Bahasa dan Seni Unika.

Di fakultas kami, Budiyana merupakan orang yang mengajar bidang tersebut, jelasnya.

Ide-ide yang dipilih di buku tersebut beragam, namun memiliki benang merah yang sama yakni ilmu sosiolinguistik saat ini terus mengikuti perkembangan zaman.

Kalau dulu sosioinguistik membahas penggunaan bahasa dari konteks sosial, sekarang membahas penggunaan bahasa dari konteks sosial media, jelas dia.

Masyarakat juga bisa mendapatkan buku tersebut. Karena saat ini buku bisa diunduh secara gratis di Google Book.

Budiyana mengaku sangat apresiatif dan bangga dengan buku tersebut.  Saya mengabdi 33 tahun di dunia pendidikan. Semoga buku ini bisa dibaca oleh masyarakat luas, karena berisi ide tentang pembelajaran sosiolinguistik, jelasnya.

Ketua panitia penyelenggara acara Dra Wuryani Hartanto MA menyatakan pembuatan buku bagi dosen yang purna tugas ke depan diharapkan menjadi tradisi di Unika Soegijapranata.

https://www.ayosemarang.com/read/2019/12/04/48341/masuki-purna-tugas-dosen-unika-soegijapranata-dibuatkan-buku