English Bahasa Indonesia

DIMAS

Master Background Dimas

Dashboard Informasi Mahasiswa

Sejak Unika Soegijapranata meluncurkan aplikasi Android bernama “Unika Menyapa” beberapa tahun yang lalu, tersedia Dashboard yang menampilkan status mahasiswa, grafik yang menunjukkan tren prestasi dalam kuliah, sampai dengan prediksi kelulusan masing-masing. Informasi ini sangat banyak membantu mahasiswa dalam merencanakan kuliahnya pada semester berikutnya.

Saat ini Unika Soegijapranata mengembangkan Dashboard melalui aplikasi baru yang diberi nama “DIMAS” (Dashboard Informasi Mahasiswa), melengkapi keberadaan Vanika (Virtual Assistant Unika). Disebut Dashboard karena seperti halnya kendaraan, Dashboard ini juga dapat digunakan untuk memonitor “kesehatan” dalam perkuliahan kita. Di dalamnya terdapat kecerdasan buatan untuk memprediksi kelulusan dan saran pengambilan mata kuliah.

Pada aplikasi DIMAS juga telah ditanam program presensi kehadiran kuliah menggunakan kode QR untuk memudahkan proses administrasi dan tanpa kertas. Dosen akan menampilkan Kode QR melalui Sintak pada layar LCD di kelas dan siswa memindai Kode QR untuk menandatangani kehadiran kuliah dari gadget mereka.

Selain itu juga ada layanan Kartu Rencana Studi (KRS) untuk pengisian rencana kuliah melalui aplikasi dan melihat Kartu Hasil Studi (KHS) setelah kuliah selesai. Sedangkan Informasi Keuangan dan Informasi Akademik akan memberikan layanan informasi terkait status keuangan saat kuliah dan informasi terkait dengan nilai-nilai yang diperoleh selama studi. Yang menarik, menu Grafik Data Akademik akan menampilkan rangkuman data akademik dalam bentuk grafis beserta saran-saran perkuliahan dan prediksi kelulusan. Yang terakhir, menu Notifikasi dipakai untuk mengatur informasi apa saja yang ingin diterima melalui aplikasi ini.

Pada awal-awal pengembangan sistem, Unika Soegijapranata juga telah menyediakan layanan SINTAK (Sistem Informasi Terpadu Akademik). Layanan tersebut selain untuk mahasiswa, dapat juga diakses oleh para orangtua mahasiswa guna mendapatkan berbagai informasi seperti: perkembangan akademik mahasiswa, mengetahui Indeks Prestasi mahasiswa, mengetahui mata kuliah apa saja yang ditempuh oleh mahasiswa, serta mengetahui tagihan seperti SKS dan UKP.

Baca juga :

Facebook Comments