English Bahasa Indonesia

Refleksi Karya 2017: Peduli, Aktif, dan Bermakna

Refleksi Karya 2017

 

Refleksi Karya 2017 Unika Soegijapranata: “PEDULI, AKTIF DAN BERMAKNA” (WONOSOBO, 24 – 25 FEBRUARI 2017)

Kegiatan pengolahan (sosialisasi, internalisasi, dan implementasi) nilai-nilai Soegijapranata yang dijadikan nama Universitas sebagai upaya membangun jati diri dan budaya Universitas dan sekaligus mempertajam peran Universitas untuk mewujudkan motto Talenta pro Patria et Humanitate telah banyak dilakukan. Payung dari semua kegiatan ini adalah rumusan Tema Karya yang disusun untuk setiap tahun akademik. Satu dari sekian banyak kegiatan itu adalah Refleksi Karya (RK). RK merupakan program rutin tahunan diselenggarakan oleh Unika Soegijapranata yang wajib diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan.

Tema karya tahun 2016/2017 adalah “Peduli, Aktif dan Bermakna“. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) “peduli” berarti “mengindahkan, memperhatikan. menghiraukan”. Sementara itu “aktif” berarti “berperan, bersungguh-sungguh, getol. berkobar, bergairah, antusias, dinamis, membara, beraksi, tangkas, tanggap”. –Bermakna” berarti “mempunyai (mengandung) arti penting (mendalam)”. Peduli merupakan bentuk perhatian yang berawal dari hati. Kepedulian menjadi bermakna apabila dapat diwujudkan dalam berbagai aktivitas sehingga dapat memberikan makna bagi orang lain, kelompok, masyarakat, bangsa dan negara. Mgr. Soegijapranata melalui tulisan-tulisan dan tindakan-tindakannya sangat memperlihatkan penghayatan dan perwujudan Tema Karya itu. Dalam sebuah kesempatan dia mengajak umat Katolik “Marilah di dalam Iingkungan tempat tinggal/pekerjaan kita menjadi orang yang berarti, orang yang turut menentukan, berdasarkan prinsip-prinsip kita; jangan hanya turut gelombang, amem mlempem.”(Soegijapranata, ‘1960). Kita harus aktif dan tidak boleh diam berpangku tangan “tidak usah menonjol-nonjolkan. yang penting ialah bahwa kita tidak diam saja di dalam segala hal.”

Kepedulian dan keaktifan Mgr. Soegijapranata dalam berbagai persoalan hidup keseharian masyarakat dilandasi oleh keyakinannya bahwa manusia harus terus menerus berupaya untuk menyempurnakan diri, sehingga manusia yang bermartabat dan ciptaan yang serupa dengan Tuhan sungguh-sungguh dapat terwujud. Penanganan masalah kesehatan, kemiskinan, pendidikan bertujuan akhir pada terhormatnya manusia yang bermartabat.

Refleksi Karya pada tahun ini bertujuan mengajak para dosen dan tenaga kependidikan memiliki sikap peduli, dan aktif terhadap aneka persoalan masyarakat yang menghambat tercapainya kesejahteraan hidup masyarakat. Dengan sub bidang yang disesuaikan dengan multi disiplin ilmu dari Unika Soegijapranata yakni: Kerukunan Umat Beragama, pendidikan, kesehatan, pertanian, pangan, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), dan teknologi.

Bentuk acara refleksi karya dikemas dengan sarasehan dengan warga Wonosobo. malam budaya bersama Bupati di Pendopo serta serta sarasehan dengan Wakil Bupati Wonosobo dan Romo Alexius Dwi Aryanto, Pr. yang akan dilaksanakan di Hotel serta diakhiri dengan peneguhan oleh Romo Alexius Dwi Aryanto, Pr., Prof. Budi Widianarko, serta Romo Gunawan, Pr.

 

Catatan bagi Calon Mahasiswa Baru  :

Registrasi (Daftar Ulang) bagi Calon Mahasiswa Baru Unika Soegijapranata Tahun Akademik 2017/2018, pada hari Jumat tanggal 24 Februari 2017 tidak dapat dilakukan, karena adanya kegiatan Refleksi Karya di kota Wonosobo.
Sedangkan Pendaftaran Online dapat diakses setiap saat melalui http://pmb.unika.ac.id/

Facebook Comments