English Bahasa Indonesia

Diaspora Unika

Diaspora Unika

MENINGGALKAN kota kelahiran, menapaki karir di dunia global, dan bermukim di negara lain merupakan keniscayaan bagi generasi muda saat ini, di era globalisasi yang memungkinkan orang sangat mudah dan cepat bepergian antarnegara. Begitu pula dengan sejumlah alumni Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, dimana saat ini alumni dari semua fakultas perguruan tinggi (PT) ini selain berkarir di hampir semua propinsi Indonesia, juga berkarir di berbagai belahan dunia sebagai diaspora, di antaranya ada di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Taiwan, Hongkong, Cina, Afrika Selatan, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Inggris, dan Norwegia.

Ivanna Hidayat STP, adalah salah satu lulusan Teknologi Pangan yang saat ini berkarir sebagai Business Development Manager salah industri bidang food ingredients terkemuka di Singapura. Selain itu, Lindawati STP bekerja sebagai Brand Manager di perusahaan farmasi Nigeria, Pamungkas Bayu Triprasetyo yang saat ini berkarir sebagai Milk Processing Manager di Dutch Lady Milk Industries Petaling Jaya Malaysia, dan Vincent Kevin Tejo, STP yang bekerja sebagai R&D Food Technologist di Parmalat Australia.

Ada juga Paulus Ricky Kusuma S.Kom dan Stanislaus Ivan S.Kom, keduanya dari Fakultas Ilmu Komputer, saat ini bekerja di Singapura sebagai Programmer Analyst di Tesla Consulting Pte. Ltd.

“Sedangkan Benedicta Utami ST MSc, adalah salah satu lulusan Fakultas Teknik yang saat ini berkarir sebagai insinyur di bidang pemanfaatan energi air pada perusahaan Sweco Norge AS yang ada di Norwegia. Ada juga Kukuh Vani Guntur Wibowo SS dan Binsar Halomoan Sihaloho, adalah lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, bekerja di Holland America Line Amerika Serikat dan Bayview Technologies Inc., Filipina” ujar Wakil Rektor IV Dr Ridwan Sanjaya.

Data yang disodorkan hanya beberapa dari kaum diaspora kampus itu yang kini melanglang jagat. Suasana internasional yang sudah terbangun di Unika Soegijapranata melalui 70 kerja sama internasional, membuka wawasan para generasi muda untuk berani dan tidak canggung dalam mengambil kesempatan di berbagai belahan dunia, seperti layaknya di negeri sendiri. Generasi muda ini nantinya akan membawa negara ini lebih maju dengan semakin banyaknya keterlibatan mereka di berbagai aktivitas global.

Para diaspora lulusan Unika Soegijapranata ini ikut pula membantu kiprah kampusnya lewat berbagai cara, di antaranya memberi informasi lowongan kerja luar negeri pada kampusnya, memberi masukan informasi tentang industri yang perlu diketahui para adik kelasnya, dan lain sebagainya.

Ref:

Facebook Comments