English Bahasa Indonesia

Unika TOP 10 PTS Indonesia

Unika TOP 10 PTS Indonesia

Terima kasih kepada masyarakat Jawa Tengah yang telah mempercayai Unika Soegijapranata sehingga menjadi 10 PTS terbaik se-Indonesia versi Kemenristekdikti. Kepercayaan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dalam usaha kami untuk membangun budaya akademik akan terus mendorong kami memberikan yang terbaik. Kualitas pembelajaran, penelitian, kemahasiswaan, dan pengelolaan kampus menjadi perhatian utama kami dalam menghasilkan lulusan yang dapat berkarya di masyarakat Jawa Tengah maupun secara internasional.

Budaya yang baik ini secara terus-menerus didorong. Sejak tahun 2006, Unika Soegijapranata telah masuk dalam Directory of 50 Promising Indonesian Universities versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI)*. Kemudian pada tahun 2007, Unika Soegijapranata masuk sebagai salah satu dari lima puluh perguruan tinggi yang menjadi percontohan pertama dalam Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) secara nasional dan mendapatkan predikat B (sangat baik)*, yang dipertahankan sampai dengan saat ini. Selanjutnya untuk menjamin keberlangsungan mutu pengelolaan pendidikan, Unika Soegijapranata mendapatkan SNI Award pada tahun 2009 dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Di sisi penelitian, berbagai karya penelitian di Unika Soegijapranata memperoleh penghargaan dengan masuknya Unika Soegijapranata ke dalam klaster penelitian Madya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) yang mulai diadakan pada tahun 2012 dan naik menjadi klaster Utama pada tahun 2014*. Budaya penelitian yang baik dalam universitas akan berdampak pada wawasan mahasiswa/mahasiswi di dalam lingkungan perguruan tinggi. Mahasiswa tidak hanya mendengar teori-teori dalam perkuliahan saja, tetapi juga implementasi dan perkembangan terbarunya. Bahkan mahasiswa/mahasiswi yang dilibatkan dalam penelitan juga ikut merasakan bertambahnya pengalaman yang terkait dengan keilmuannya.

Melalui pencapaian tersebut, komitmen Unika Soegijapranata pada kualitas pembelajaran, penelitian, kemahasiswaan, dan pengelolaan kampus akan terus meningkat. Sehingga diharapkan dampaknya, talenta-talenta yang kritis, kreatif, peduli, visioner dan tangguh akan lahir, tumbuh, dan berkembang di kampus ini dan memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara ini untuk menjadi semakin baik.

Amin.

Catatan:
*) Referensi berita di atas dapat dibaca di sini dan di sini
**) Berita Unika Soegijapranata Peringkat 10 PTS Terbaik Indonesia yang lain dapat dibaca di sini

Facebook Comments