Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.
Search...
Close this search box.

PELATIHAN JURNALISTIK : DARI DAN UNTUK PARAGA

Saat pemberian materi oleh Bapak Andreas Ryan Sanjaya, S.I.Kom., M.A.
Saat pemberian materi oleh Bapak Andreas Ryan Sanjaya, S.I.Kom., M.A.

Rabu (24/11), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paraga mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan mulai pukul 16.00 hingga 18.00 WIB. Pelatihan Jurnalistik merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh UKM Paraga Universitas Katolik Soegijapranata. Untuk periode ini, Pelatihan Jurnalistik diadakan secara online melalui Gmeet. Kegiatan ini dilaksanakan secara internal dan hanya diikuti oleh anggota UKM Paraga saja. Sebanyak 28 orang anggota UKM Paraga menghadiri kegiatan ini dan mengikuti serangkaian acara secara antusias dan tertib.

Pelatihan Jurnalistik kali ini bertema “Relevensi Pers Mahasiswa pada Era Keterbukaan Informasi” yang dibawakan oleh salah seorang dosen jurusan psikologi sekaligus pendamping dari UKM Paraga sendiri, yaitu Bapak Andreas Ryan Sanjaya, S.I.Kom., M.A. Beliau membawakan materi dari buku karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel yang berjudul “The Elements of Journalism : What Newspeople Should Know and the Public Should Expect”. Buku ini membahas mengenai sembilan pilar yang mendasari jurnalistik. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para anggota UKM Paraga dapat lebih mengenal dasar-dasar dalam jurnalistik, baik dalam pembuatan maupun penyampaian berita secara umum.

Pelatihan Jurnalistik diawali dengan doa, hymne dan sambutan dari ketua acara. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan materi oleh Pak Ryan. Dalam sesi ini, Pak Ryan mengangkat isu-isu kekinian yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Hal ini tentu menambah antusiasme dari para peserta Pelatihan Jurnalistik. Setelah itu, para peserta diminta untuk melakukan praktik dengan diberikan penugasan untuk membuat kerangka berita dengan tema kesetaraan gender. Beberapa pekerjaan peserta kemudian diambil untuk dibahas dan dievaluasi bersama. Terakhir, kegiatan ditutut dengan menyanyikan mars, foto bersama, dan doa penutup. (ktbt: AnnethaSS)

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message