English Bahasa Indonesia

Unika Naik Ke Klaster Utama

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 21/DIKTI/Kep/2014 tentang Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi, pada tahun 2014 Unika Soegijapranata naik dari klaster Madya menjadi klaster Utama. Dalam lampiran surat edaran dari Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat DIKTI yang bisa diunduh melalui Website DIKTI,

Untuk wilayah Jawa Tengah, terdapat 3 (tiga) PT yang masuk dalam klaster Utama selain Unika Soegijapranata antara lain Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Penilaian ini didasarkan pada mutu penyelenggaraan penelitian, luaran yang dihasilkan dan kontribusinya terhadap kebutuhan masyarakat. Menurut Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, hal ini akan banyak berdampak pada keleluasaan yang lebih banyak bagi Perguruan Tinggi dalam melaksanakan dan mengelola penelitian sesuai dengan kapasitas, selain jumlah dan luasan penelitian yang lebih besar.

Budaya penelitian yang baik dalam universitas akan berdampak pada wawasan mahasiswa/mahasiswi di dalam lingkungan perguruan tinggi tersebut. Sehingga mahasiswa tidak hanya mendengar teori-teori dalam perkuliahan saja, tetapi juga implementasi dan perkembangan terbarunya. Bahkan mahasiswa/mahasiswi yang dilibatkan dalam penelitan juga ikut merasakan bertambahnya pengalaman yang terkait dengan keilmuannya.

Tautan: Daftar Klaster Penelitian PT

Facebook Comments