English Bahasa Indonesia

PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN BERPERSPEKTIF GENDER – Pusat Studi Wanita Unika

Sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi, para dosen dituntut untuk mengembangkan ilmu melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tri Darma Perguruan Tinggi). Dalam menjalankan tugas tersebut masing-masing dosen dituntut untuk profesional dan mampu menerapkan ilmu yang ditekuninya di masyarakat.

Di Bidang penelitian, khususnya penelitian dengan perspektif Gender, para dosen belum banyak yang mengeksplorasi, meskipun fenomena sosial dewasa ini sangat lekat dengan munculnya ketimpangan-ketimpangan sosial, termasuk di dalamnya ketimpangan Gender. Belum tereksplorasinya masalah ketimpangan Gender di masyarakat oleh para dosen bisa disebabkan karena  minimnya pengetahuan ataupun kurangnya kepekaan yang dimilikinya.

Berkaitan dengan hal tersebut maka, Pusat Studi Wanita Unika Soegijapranata Semarang bermaksud mengadakan pelatihan penelitian yang menitik beratkan pada penelitian dengan menggunakan perspektif Gender sebagai pisau analisisnya. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk membuka dan mempertajam kepekaan para dosen dalam menanggapi fenomena sosial di lingkungannya dan mereka dapat menggunakan berbagai alat analisis Gender yang bisa digunakan untuk menjawab permasalahan ketimpangan Gender di masyarakat. Disamping itu pula para dosen dapat mengikuti perkembangan paradigma dalam menyelesaikan permasalahan ketimpangan Gender di masyarakat serta untuk meningkatkan profesionalismenya dalam melakukan penelitian yang berperspektif Gender.

Pelatihan ini di tujukan untuk Mahasiswa dan Dosen yang terkaitan dengan  Bidang Studi Wanita

Pelatihan akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal   : Sabtu, 8 Februari 2014

Waktu             : 08.30 – 16.00 WIB

Tempat            :  R. Seminar LPPM Ged. Mikael Lt. 4 UNIKA Soegijapranata, Jl. Pawiyatan Luhur IV No. 1 Bendan Duwur, Semarang

Pembicara     :  Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni Msi (Kepala P3G UNS) dan Dr. Arianti Ina Restiani Hunga (Ketua PSG UKSW)

 

Adapun informasi lengkap mengenai acara tercantum dalam leaflet yang terlampir. Untuk keperluan pendaftaran, dapat menghubungi :

Haryo Guritno di nomor 0818241275  atau

Barnabas Untung di nomor. 024-84415551462

Facebook Comments