English Bahasa Indonesia

MENGENAL ATGW LEBIH DEKAT LAGI

Ketika mendengar kata ATGW (Arising The Grateful Winner), pastinya sangat lekat dengan MABA alias Mahasiswa Baru. Pasalnya kegiatan ATGW ini merupakan kegiatan lanjutan setelah kegiatan PTMB (Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru), yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa baru Unika Soegijapranata Semarang. Nah, pasti banyak yang penasaran nih, apa sih itu ATGW? Langsung scroll kebawah aja yak! Cekidot!

ATGW diselenggarakan pertama kali pada tahun 2005 dengan nama Awaken The Giant Within. ATGW dicetuskan oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan saat itu, yaitu Bapak Ferdinandus Hindiarto, S.Psi., M.Si. Pada saat itu beliau memiliki visi bahwa mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang harus memiliki nilai plus tersendiri bila disandingkan dengan mahasiswa Universitas lain. Nilai plus tersebut merupakan softskill yang menjadi bekal mahasiswa di dunia kerja kelak. Menjadi mahasiswa tidak melulu hanya mempelajari tentang hardskill, namun softskill pun perlu dikenali dan diasah lebih tajam lagi. Kemudian Bapak Ferdinan bersama timnya, menyusun kegiatan ATGW sedemikian rupa, mulai dari tujuan, materi, sistematika hingga pelaksanaannya. Tahun 2005 merupakan tahun pertama ATGW diselenggarakan untuk mahasiswa Unika Soegojapranata Semarang. Tahun demi tahun ATGW terus berkembang serta mengalami banyak pembaharuan untuk menyesuaikan dengan karakter mahasiswa tiap tahunnya dan tantangan zaman tentunya. Hingga pada tahun 2014, ATGW berubah nama menjadi Arising The Grateful Winner, sampai saat ini. Walaupun ATGW terus mengalami perkembangan dan ada beberapa hal yang diperbaharui, tetapi tujuan dasar ATGW tetaplah sama.

ATGW merupakan pelatihan kepribadian yang ditujukan kepada mahasiswa, untuk mengenali dan mengasah berbagai macam softskill yang akan menjadi bekal didunia kerja kelak. ATGW menjadi salah satu wadah yang disediakan oleh Unika Soegijapranata Semarang bagi mahasiswanya untuk mengenali dan menggali potensi dalam dirinya lebih dalam lagi. Melalui serangkaian kegiatan yang kurang lebih berjalan selama 1 tahun, mahasiswa diajak secara aktif untuk mengenal, mendalami serta mengasah potensi dan softskill yang dimiliki. Kegiatan ATGW ini berada dibawah Lembaga PPKM (Program Pelatihan Kepribadian Mahasiswa), yang dikelola langsung oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan serta jajaran Wakil Dekan 3 setiap fakultasnya. Pelaksanaan ATGW juga dibantu oleh beberapa Fasilitator antara lain Trainer, Supervisor, dan Co-Trainer.

Ingin mengetahui tentang ATGW lebih lanjut? Temukan kami di Instagram (@atgwunika), Facebook (atgw unika soegijapranata) dan UPT Kemahasiswaan Lt.2 Gedung Mikael Unika Soegijapranata!

ATGW - (Ilustrasi)

ATGW – (Ilustrasi) 

Selanjutnya baca: SOSOK DIBALIK LAYAR PELAKSANAAN ATGW